Connect with us

Kojak Rayakan Ulang Tahun Bersama Anak Jalanan

Metro

Kojak Rayakan Ulang Tahun Bersama Anak Jalanan

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Komunitas Anak Jalanan Kendari (Kojak) merayakan hari jadinya yang ke 7 tanggal 1 Maret kemarin  bersama puluhan anak jalanan dan para orang tuanya. Acara sederhana ini dilakukan di halaman parkir mesjid Agung Alkautsar.

Ketua Kojak Irfan Wahab menjelaskan, dari sekitar 65 anak jalanan yang mereka data, hanya sekitar 50 anak yang aktif mengikuti kegiatan Kojak setiap minggunya.

Menurutnya untuk saat ini pengurus Kojak masih menggelar kegiatan setiap hari minggu dengan berbagai kegiatan mulai dari belajar hingga bermain. Dalam melakukan aktifitas itu kerap kali para pengurus Kojak memberikan pemahaman pada para anak jalanan tentang hak dan tanggung jawab mereka sebagai anak, bukan sebagai tulang punggung keluarga untuk mencari uang. Dari pendekatan yang mereka lakukan baik melalui anak dan orang tua, jumlah anak jalanan yang mangkal di persimpangan jalan lampu merah perlahan mulai berkurang.

“Selama ini yang kita lakukan mengajak mereka belajar sekali dalam seminggu, mudah-mudahan kedepannya kita bisa lebih intens lagi, maksud kami juga untuk mengajar mereka mengurangi waktu mereka berada dijalanan untuk meminta-minta, alhamdulilah sekarang sudah ada efeknya” terangnya.

Langkah yang diambil pengurus dan relawan Kojak mendapat apresiasi dari Badan Keluarga berencana, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kota Kendari, Kepala Badan KB pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kota Kendari Siti Ganef mengaku keberadaan Kojak sangat membantu pemerintah kota Kendari, khusunya mengatasi anak jalanan.

Menurut Ganef, pihaknya akan terus menjalin kerjasama dan mendukung upaya yang dilakukan Kojak khusnya dalam menciptakan anak yang berkualitas sebagai generasi penerus.

“Pendidikan anak sangat dibutuhkan, karena anak merupakan generasi penerus bangsa, pembentukan karakter anak yang lebih baik bisa menciptakan generasi yang berkualitas “ ungkapnya. ALIN

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top