Connect with us

KN Pacitan Sandar di Dermaga SAR Kendari

Metro

KN Pacitan Sandar di Dermaga SAR Kendari

KENDARI, SUARAKENDARI. Com- Kantor Search and Rescue (SAR) Kendari menyambut kedatangan Kapal Negara (KN) Pacitan, Kamis (13/3/2014) di dermaga SAR, Kelurahan Kendari Caddi, Kota Kendari. Kapal Basarnas berjenis catarman dengan panjang 59 meter dan lebar 16 meter, baru saja diresmikan penggunaanya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (4/3/2014) lalu di pelabuhan Merak Banten.

Kapal tersebut memperkuat alat utama SAR yang dimiliki Basarnas. Kapal tersebut akan mendukung pelaksanaan operasi SAR di wilayah laut Indonesi Timur dan Indonesia Tengah.

KN Pacitan merupakan tipe kapal cepat yang mampu bergerak dengan kecepatan maksimal mencapai 29 knot. Selain mempunyai stabilitas yang tinggi dan mampu beroperasi dalam kondisi cuaca buruk, kapal berbahan aluminium ini juga dilengkapi helideck untuk landasan helikopter.

“ Kapal ini murni buatan anak bangsa Indonesia di Batam. Ada satu jenis kapal yang sama yakni KN Purwokerto yang kini digunakan untuk membantu pencarian pesawat Malaysia Airline,” ungkap Kepala SAR Kendari, Jafar Henaulu.
KN Pacitan kata Jafar, memiliki 4 mesin dan 2 mesin cadangan.

Sedangkan kru kapal tersebut sebanyak 23 orang yang berasal dari beberapa personil SAR di wilayah Indonesia Timur dan Tengah.

Kapal itu lanjutnya akan bersandar di Kendari, karena baru SAR Kendari yang memiliki dermaga sendiri.

“ Jadi kapal ini akan beroperasi di wilayah perairan Indonesia Timur dan Tengah. Kru kapal yakni berasal dari 5 orang SAR Kendari, pangkalan selebihnya masing-masing diambil dari SAR yang ada di wilayah Timur dan Tengah Indonesia,” terangya.

Upacara penyambutan KN Pacitan dihadiri Wakil Walikota Kendari, Danlanud, Kasrem 143/ Ho, Danpom Kendari dan instansi terkait. Para undangan juga melihat langsung peralatan dan kondisi dalam KN Pacitan tersebut.KIKI

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top