Connect with us

Kisruh di KPU Konsel

Hukum & Kriminal

Kisruh di KPU Konsel

KENDARI, SUARAKENDARI.Com – Puluhan pemuda yang tergabung dalam Barisan Pemerhati Pemilu Independen Sulawesi Tenggara, menggelar berunjuk rasa di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara , Kamis (22/1). Mereka melaporkan dugaan pelanggaran kode etik yang diduga dilakukan oleh Sekretaris KPU Konawe Selatan, Suparjo.

Salah seorang Ketua PPK telah diberhentikan, Songo, menuding Suparjo dan Ketua KPU Konsel, Jabal Nur, telah melanggar Kode Etik karena telah memberhentikan dirinya tanpa alasan yang jelas.

“Saya tidak pernah dikonfirmasi tentang alasan pergantian saya baik oleh suparjo maupun Jabal Nur. Saya coba telfon mereka tapi tidak diangkat”, keluh Songo dihadapan ketua KPU Sultra Hidayatullah.

Selain mengadukan ulah Suparjo, massa juga melaporkan adanya dugaan pelanggaran dalam perekrutan anggota PPK dibeberapa kecamatan di Konsel yang diduga melibatkan ketua KPU setempat.

Dugaan pelanggaran kode etik dan pelanggaran menurut para pengunjukrasa diantaranya, adanya pergantian ketua PPK yang dinilai tidak prosedural, pengangkatan ketua PPK yang masih aktif di Partai Politik serta adanya keluarga sekretaris dan komisioner KPU Konsel yang mencalonkan diri dalam pemilu.

Menjawab tuntutan pengunjukrasa, Ketua KPU Sultra, Hidayatullah berjanji pihaknya akan segera memanggil para pihak yang dilaporkan untuk dimintai konfirmasi.

“Kita akan memanggil mereka , hari ini juga untuk kita minta klarifikasi mereka, karena pergantian PPK itu juga kewenangan mereka”, kata Hidayatullah.

Menurut Hidayatullah, dalam pengangkatan dan penetapan PPK dan PPS, harus diperhatikan tiga hal yakni integritas, independensi dan profesionalitas sesuai dengan petunjuk dalam surat edaran KPU nomor 870 tahun 2013.

Hidayatullah juga mengungkapkan jika KPU provinsi tidak mempunyai kewenangan menjatuhkan sanksi.

“kami hanya menunggu keputusan dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) , hasilnya kemudian kami lanjutkan ke KPUD setempat”, tutup Dayat. (MAN)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top