Connect with us

Kisah Penyelamatan Rombongan Kapores Buton

Uncategorized

Kisah Penyelamatan Rombongan Kapores Buton

 

KENDARI, SUARAKENDARI. COM- Kapolres Buton AKBP Muh. Fahrrurozi dan Ketua Pengadilan Negeri setempat, Wahyu Imam Santoso serta empat orang lainnya ditemukan selamat di laut lepas Buton, Sulawesi Tenggara, Minggu (18/5/2014).

Mereka ditemukan para nelayan, setelah dinyatakan hilang akibat kapal yang mereka tumpangi tenggelam saat memancing di karang Kapota, perairan Wakatobi, Sabtu (17/5/2014) pukul 22.00 wita.

Kepala hubungan masyarakat (Kabid Humas) Polda Sultra, AKBP Sunarto menjelaskan, seluruh korban ditemukan selamat oleh nelayan yang ikut membantu pencarian korban.

” Sekitar pukul 9 pagi tadi di laut lepas wilayah Buton atau sekitar 20 mil dari lokasi terbaliknya kapal, enam orang ditemukan nelayan. Selanjutnya korban dievakuasi ke Desa Kanawa, Kecamatan Lasalimu Selatan, Buton pukul 14.00 wita dan selanjutnya dibawa ke rumah sakit di Pasarwajo,” jelasnya, Minggu (18/5/2014).

Menurut Sunarto, keterangan Kapolres Buton saat berkomunikasi dengan Kapolda bahwa mereka tidak terpisah antara satu dengan lainnya saat kapalnya terbalik. Mereka dapat bertahan di atas perahu dengan kondisi mesin yang mengalami kerusakan.

” Dua penumpang lainnya yakni Briptu Hengky dan Muliyadin anak buah kapal berupaya mencari bantuan dengan cara berenang,” katanya.

Dalam kejadian itu, bripda Hengky supir Kapolres Buton ditemukan nelayan saat berenang selama 6 jam setelah kapal yang ditumpanginya terbalik. Sedangkan Muliyadi, tambah Kabid Humas Polda ditemukan Minggu, (18/5/2014)pukul 13.30 siang di sekitar karang Kapota, Kecamatan Wanci, Kabupaten Wakatobi.

Kepala seksi operasi kantor SAR Kendari, Basrano mengungkapkan, pihaknya menghentikan pencarian setelah delapan korban kapal tenggelam berhasil ditemukan.

” Karena korban berhasil ditemukan dengan selamat, maka pencarian dihentikan. Tim pencarian dibagi tujuh dengan menyisir seluruh perairan laut Wakatobi dan Buton,” tuturnya.

Basrano melanjutkan, kondisi para korban kapal tenggelam sudah pasti snock dan lemas. Selama di laut, mereka bertahan di atas bangkai kapal dengan menggunakan live jaket sebanyak 4 buah yang ada di kapal tersebut.

Sebelumnya diberitakan, rombongan Kapolres Buton AKBP Muh Fachrurozy bersama Ketua Pengadilan Negeri Buton Wahyu Imam Santoso, dinyatakan hilang di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, saat memancing sejak Sabtu (17 Mei 2014) pukul 15.00 Wita.

Rombongan berjumlah delapan orang termasuk kru kapal, hendak memancing di perairan karang Kapota, Kecamatan Wanci, Kabupaten Wakatobi dengan menggunakan kapal milik dinas perikanan Buton. Namun sekitar pukul 22.00 kapal diterjang ombak besar, sehingga terbalik.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top