Kisah Nyata, Pohon Sudah Tumbang Tiba-tiba Berdiri Kembali

0

Suarakendari.com- Peristiwa ini benar-benar terjadi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Sebuah pohon yang sudah tumbang setelah ditebang oleh empat petugas Dinas Kehutanan dan Pertanian Kota Kendari tiba-tiba berdiri kembali. Kontan saja, empat pemuda lari tunggang langgang, meninggalkan parang mereka.

Cerita bermula saat, awal September lalu, keempat petugas tersebut berpatroli di hutan seluas tiga hektar yang terletak di Kecamatan Baruga tersebut. Karena kondisi pohon yang sudah tua dan dianggap membahayakan para pelajar dan mahasiswa yang kerap meneliti di hutan tersebut, Mereka kemudian melaporkan kondisi tersebut kepada atasannya. Mendapat laporan Kepala dinas kehutanan dan pertanian pun memerintahkan ke empatnya untuk menebang pohon tersebut. 

Menjelang siang hari petugas yang sebagian masih bujang tersebut kembali ke hutan kota dan mulai beraksi menebang pohon tua tersebut menggunakan parang. Alhasil, tak butuh waktu lama, pohon yang ditebang pun tumbang. Namun, anehnya hanya dalam hanya hitungan menit saja , pohon yang tumbang tadi tiba-tiba saja kembali berdiri tegak seperti sediakala. Bak melihat hantu di siang bolong, kontan, empat petugas kehutanan itu ketakutan dan tanpa berpikir panjang langsung lari tunggang langgang meninggalkan lokasi. Bahkan, salah satu dari petugas sempat sakit keras.

“Teman saya itu bermimpi melihat seorang kakek yang marah karena rumahnya dirusak,”kata Seniwati, pegawai di Kantor Dinas Kehutanan dan Pertanian Kendari.

“Sakitnya baru reda setelah ada “orang pintar” yang datang mengobati dan membuat ritual ‘mooli’ atau ritual meminta bagi suku tolaki,”tambahnya.

Hutan Kota Baruga merupakan kawasan hutan yang digunakan sebagai lokasi penelitian bagi mahasiswa dan peneliti. Hutan milik pemerintah kota kendari ini memang dikenal cukup asri dengan menyimpan aneka jenis pepohonan. Hutan seluas 3 hektar yang berbatasan dengan taman makam pahlawan Kendari ini juga kerap digunakan sebagai lokasi ritual bagi warga Bali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.