Kirab Budaya di Festival Keraton Tampilkan Ragam Adat Istiadat

SUARAKENDARI.COM, Kirab Budaya menjadi salah satu kegiatan yang ikut memeriahkan Festival Keraton dan Masyarakat Adat Budaya ASEAN yang diselenggarakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Puluhan kerajaan menampilkan adat budayanya masing-masing, tidak hanya Sultra tetapi juga beberapa provinsi lainnya seperti Denpasar Bali ikut memeriahkan festival keraton, Kamis (12/11/2015).

Gubernur Sultra, Nur Alam mengatakan bahwa dengan diadakannya kirab budaya menjadi momentum untuk memperkenalkan kekhasan budaya masing-masing.

“Dengan penampilan kirab budaya yang sudah kita saksikan bisa kita lihat bahwa ternyata budaya kita sangat beragam, menunjukkan kebhinekaan kita tetapi kita juga harus tetap mengingat bahwa meskipun berbeda kita tetap satu,” ujarnya.

Dikatakannya pula dengan kirab budaya bisa tetap menjaga dan melestarikan adat istiadat sebuah kerajaan ataupun kesultanan sehingga secara turun temurun bisa terus dijaga.

Dalam penampilan kirab budaya hari itu dibuka dengan penampilan Lembaga Adat Tolaki dengan kerajaan dari Konawe dan ditutup oleh penampilan dari Kabupaten Konawe Kepulauan. Kerajaan Muna juga ikut menampilkan silat yang dibalut dengan saling mengadu keterampilan memegang dan memainkan parang bagi lelaki dewasa dan remaja. Tarian-tarian juga ditampilkan oleh kerajaan-kerajaan lainnya antara lain dari Buton, Kabaena, Wakatobi, Denpasar Bali dan beberapa kerajaan lainnya. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *