Connect with us

KIP Gelar Sidang Sengketa Informasi

Metro

KIP Gelar Sidang Sengketa Informasi

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Komisi Informasi Publik (KPI) Republik Indonesia menggelar Sidang Sengketa Informasi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). KIP RI terpaksa menggelar sidang di Sultra karena KIP Sultra belum terbentuk.

Sidang sengketa yang dilakukan hari itu merupakan aduan dari pemohon yakni HMI cabang Kendari yang menuntut sebanyak sembilan dinas yang ada di Kota Kendari dan Sultra yang dinilai tidak terbuka memberikan informasi publik.

Ketua KIP RI, Abdulhamid Dipopramono, menjelaskan bahwa beberapa sengketa informasi yang disidangkan hari itu merupakan beberapa informasi yang seharusnya diberikan kepada publik dan tidak perlu ditutup-tutupi.

“Beberapa masalah yang kami sidangkan hari ini bukanlah masalah yang perlu ditutup-tutupi karena pemohon hanya meminta data yang memang sifatnya terbuka, seperti RKA dan APBD, data tersebut bisa diketahui oleh publik,” katanya, Kamis (5/6/2014).

Ia juga menyayangkan sikap dari beberapa instansi terkait yang tidak hadir dalam persidangan yang dilakukan hari itu, padahal sidang tersebut merupakan sidang yang perlu dihadiri.

“Saya juga heran dengan beberapa instansi sini, kami undang untuk menghadiri sidang, malah tidak menunjukkan etika yang baik, di NTT itu meskipun KIP juga belum terbentuk tapi sidang yang kami lakukan dihadiri langsung oleh kepada dinasnya, tapi disini agak beda, malah kami mau antar undangan saja kami dipimpong,” ujarnya.

Beberapa termohon yang disidangkan hari itu antara lain, Sekretariat Daerah Kota Kendari, Dinas Pendidikan Kota Kendari, Dinas Pendapatan Daerah Kota Kendari, Sekretariat DPRD Kota Kendari, Dinas Pekerjaan Umum Sultra, Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari, Badan Kepegawaian Daerah Kota Kendari, BAPPEDA Kota Kendari. Sementara pada tahun 2013 lalu, KIP RI juga telah melakukan sidang sengketa sebanyak 11 perkara. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top