Connect with us

Khaerun Dahlan Jadi Raja Mekongga Ke-13

Khaerun Dahlan Jadi Raja Mekongga Ke-13

Daerah

Khaerun Dahlan Jadi Raja Mekongga Ke-13

Raja Mekongga Ke-13 Dilantik

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- Khaerun Dahlan resmi ditunjuk menjadi Raja (Bokeo) Mekongga (sebuah kerajaan yang ada di Kolaka, Sulawesi Tenggara ) yang ke 13 di Pendopo Makam Sangia Nibandera. Dirinya dinobatkan sebagai raja baru yang menggantikan Bokeo (Raja) Mekongga ke 12, Mburi Hj Nursainab Lowa yang wafat pada 4 Mei 2014 lalu.

Khaerun Dahlan ditunjuk berdasarkan inisiatif musyawarah Adat Mekongga Kolaka yang telah disepakati oleh seluruh petinggi kerajaan dan tokoh adat di daerah itu. Contohnya Bokeo Muh. Yunus Sulaiman. Dia mengatakan pemilihan Bokeo Mekongga memang berlangsung cukup alot dengan berbagai dinamika.

“ Karena berbagai masukan yang diberikan oleh beberapa keturunan sehingga perdebatan terjadi. Dari perdebatan yang terjadi itu merupakan masukan demi meningkatkan kwalitas kerajaan Mekongga. Tapi dari itu semua kita mengambil hikmahnya karena pada akhirnya semuanya akan menunjuk satu raja saja, dan alhamdulilah dari tujuh kandidat sudah ditunjuk Khaerun Dahlan sebagai Raja Mekongga.” jelasnya.

Dia menambahkan, ketujuh kandidat yang diusung menjadi calon Bokeo (Raja) yaitu Rasni Lowa, Hasminto Dahlan, Khaerun Dahlan, Munaser, Firman Guro Arsidin Latambaga dan Jayadin. Dimana ketujuh kandidat diberikan waktu untuk bermusyawarah agar menunjuk satu dari ketujuh kandidat tersebut.

“Ada tujuh kandidat calon dan mereka bermusyawarah untuk menentukan siapa yang paling layak untuk menjadi raja, karena kerajaan mekongga harus dipimpin oleh orang yang mampu membesarkan kerajaan mekongga,” ungkapnya.

Sementara untuk pelantikannya serta pengambilan sumpah akan diselenggerakan dengan bentuk acarah yang besar. “ Dimana Bokeo terpilih juga kita deklarasikan kepada Raja dan Kesultanan se Nusantara. Jadi nanti kita akan membuat acara besar untuk pengukuhan Bokeo terpilih dimana, kita akan undang raja-raja dan kesultanan senusantara agar Bokeo terpilih kita perkenalkan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kolaka, Ahmad Safei yang hadir dalam kegiatan adat tersebut mengatakan nafas kebesaran kerjaan akan ada pada raja yang akan ditunjuk. “Maka dari itu kita kembali pada hati yang dalam. Memilih raja yang harus bisa membesarkan kera
jaan itu. Saya yakin yang telah terpilih ini adalah yang terbaik,” cetusnya.

Sekedar diketahui kerjaan Mekongga telah berdiri dari ratusan tahun lalu sejak Suku Mekongga yang merupakan suku pertama menduduki wilayah Kabupaten Kolaka. Kini wilayah kekuasaan Kerajaan Mekongga menyebar di tiga Kabupaten, yaitu Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur dan Kolaka Utara. (Ab)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Wonua Mosehe | Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulwesi Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah

To Top