Connect with us

Ketua DPRD Peraih Suara Terbanyak

Hukum & Kriminal

Ketua DPRD Peraih Suara Terbanyak

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pilcaleg) telah diselenggarakan pada 9 April 2014 lalu. Meskipun belum ada keputusan pasti dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait calon wakil rakyat yang akan memimpin pada periode 2014-2019 mendatang, namun hasil sementara tentu sudah bisa diterka pada saat rekapitulasi yang dilakukan masing-masing KPU kabupaten/kota dan provinsi.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah, mengatakan bahwa meskipun belum ada keputusan pasti terkait siapa anggota legislatif periode lima tahun mendatang, namun berdasarkan perolehan suara tertinggi sudah bisa ditebak pemenangnya. Hanya saja yang jadi pembicaraan saat ini yakni siapa yang akan menjadi calon ketua dari kursi dewan terhormat.

Dikatakannya, calon ketua akan ditempati oleh calon yang memiliki perolehan suara paling tinggi dibandingkan dengan calon lain yang telah ditetapkan, namun semuanya tetap dikembalikan kepada partai.

“Memang keputusan untuk menjadi unsur pimpinan di dewan itu dikembalikan kepada partai peraih kursi terbanyak, namun sesuai dengan Susduk No 27 Tahun 2010, unsur yang diusung harus yang memiliki suara terbanyak, keputusan tetap dikembalikan kepada kebijakan partai namun satu hal yang perlu diingat bahwa harus tetap sesuai dengan undang-undang dan tidak boleh menyimpang dari itu,” tegasnya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top