Kerajinan Tenun Lokal Sultra Ikut Dipamerkan

0

SUARAKENDARI.COM- Kerajinan tenun lokal Sulawesi Tenggara dipamerkan di Festival Keraton ASEAN di yang berlangsung selama empat hari di Kota Kendari.

Ketua Dewan Kerajianan Daerah Hj Tina Nur Alam mengatakan pagelaran festival merupakan momentum yang baik untuk memperkenalkan produk tenun daerah ini.

“Ini saat yang tepat untuk memperkenalkan kerajinan tenun lokal kepada peserta festival keraton dan festival seni qasidah nasional di Kendari,” katanya.

Sebelumnya pihak Dekranasda Sultra sudah menyampaikan kepada 17 Dekranasda kabupaten/kota yang ada di Sultra agar memanfaatkan momen festival keraton dan masyarakat adat ASEAN untuk perkenalkan produk. Dalam pameran tersebut Dekranasda menampilkan hasil-hasil kerajinan ekonomi kreatif masing-masing Dekranasda.

“Beberapa produk kreatif dari Dekranasda adalah tenun lokal, kerajinan anyaman, kerajinan perak dan beberapa kerajinan lainnya,” kata Tina yang juga merupakan anggota komisi VI DPR RI asal Sultra ini.

“Semua kabupaten kota di Sultra memiliki tenun khas sebagai bukti bahwa tenun lokal di Sultra sangat beraneka ragam,”kata Tina Nur Alam.

Menurutnya, tenun lokal asal Sultra sudah dikenal di pasaran Internasional karena kualitas dan motifnya mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. SK/AN

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.