Connect with us

Kendari Masuk Nominasi Adipura Kencana

Metro

Kendari Masuk Nominasi Adipura Kencana

KENDARI,SUARAKENDARI-Kota Kendari merupakan satu-satunya daerah di Indonesia Timur yang masuk nominasi Adipura Kencana, dewan Adipura sudah menyampaikan akan mengunjungi kota Kendari dalam waktu tanggal 21 -28 Mei ini.

Mengadapi kedatangan dewan adipura tersebut, walikota Kendari Ir. Asrun memimpin langsung rapat   dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan para kepala sekolah di kota Kendari.

“Waktunya kita tidak tau pastinya kapan mereka datang, mungkin besok atau lusa, sehingga harus dipersiapkan kebutuhan dewan adipura” tutur walikota.

Walikota menjelaskan rapat yang ia pimpin untuk mendata kebutuhan administrasi yang masih kurang dan harus dipersiapkan saat kedatangan tim dari dewan adipura.

Menurut walikota sejumlah kegiatan yang mendukung adipura kencana sudah dilakukan oleh pemerintah kota kendari, ia mencontohkan pembuatan sumur resapan, ketentuan tersebut sebenarnya sudah diisyaratkan dalam pembuatan izin mendirikan bangunan (IMB), semua bangunan wajib membuat sumur resapan.

“Tapi masih ada juga memang, kita harus akui masih ada yang belum melaksanakan itu , tapi nanti itu kita akan inspeksi   dan persyaratkan untuk ada itu, nanti ini kita akan bikinkan saja perwalinya menegaskan itu” terangnya.

Kepala badan lingkungan hidup Rusnani menjelaskan hasil evaluasi penilaian P2 masih terdapat beberapa hal yang masih harus dibenahi, diantaranya fisik trotoar , drainase dan jalur  sepeda.

“untuk jalur sepeda harus diusahakan agar tidak ada kendaraan yang parkir saat kedatangan dewan adipura. Untuk tempat sampah yang rusak di jalan poros  sebaiknya di hancurkan saja dan yang masih bagus dipasngi tutup” tegasnya.

Pembenahan yang masih harus dilakukan kata Rusnani ialah bank sampah di setiap sekolah agar dibuatkan pencatatan yang baik, termasuk buku bank sampah dan deposit sampah yang masih tersedia.

Sementara itu Sekda  Kota Kendari Alamsyah Lotunani meminta semua pihak terkait untuk mengacu pada 7 kategori penilaian adipura sehingga lebih mudah melengkapi kebutuhan yang masih kurang.

“Kita focus saja pada 7 kategori yakni, 1. Pengolahan sampah, 2.pengendalian pencemaran air, 3. Pengendalian pencemaran udara, 4.Pengolahan air tanah, 5. Keanekaragaman Hayati, 6. Perubahan Iklim dan 7. Sosial dan Ekonomi”papar Alamsyah.(ALIN)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top