Kemeterian Kelautan Bantu Pembuatan Es Curah di Sultra

SUARAENDARI.COM-Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2016  ini membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara memperoleh bantuan pembuatan es curah senilai Rp11 miliar.

Pemberian bantuan diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra Askabul Kijo. “Bantuan pembuat es curah itu dikhususkan kepada para nelayan di wilayah pesisir yang sudah memiliki energi listrik karena pembuatan es itu hanya bisa berfungsi bila ada energi listrik,” katanya.

Kementerian Keluatan, lanjut Askabul, memberikan bantuan alat pembuat es curah itu untuk membuat hasil tangkapan ikan para nelayan bisa bertahan lama hingga beberapa hari atau tidak cepat rusak.

Dengan begitu ujarnya, harga jual ikan para nelayan akan tetap bertahan sehingga tingkat pendapatan para nelayan akan meningkat.

“Jika pendapatan para nelayan sudah meningkat, maka dapat dipastikan tingkat kesejahteraan keluarga para nelayan juga akan membaik dari waktu ke waktu,” katanya.

Dari nilai Rp 11 miliar bantuan, Askabul belum dapat merinci berapa banyak kelompok nelayan yang akan mendapatkan alat pembuatan es curah bagi para nelayan itu.

Ia hanya mengatakan para nelayan yang akan memperoleh bantuan tersebut adalah para nelayan wilayah pesisir yang tersebar di 15 kabupaten dan dua kota di Sultra. SK/ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *