Connect with us

Kembalikan Dana Pilbub, KPUD Kolaka Tunggu Surat BPK

Hukum & Kriminal

Kembalikan Dana Pilbub, KPUD Kolaka Tunggu Surat BPK

 

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- Sekertaris Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka, Idham Hindardi menuturkan bahwa saat ini KPUD Kolaka telah mengembalikan sisa anggaran pilkada Kolaka sebesar Rp.800 juta. Maka dari itu, pasca pengembalian ini pihaknya menunggu surat dari BPK guna diperiksa.

Dia pun menuturkan bahwa uang sejumlah Rp. 800 juta itu diserahkan langsung oleh bendahara KPUD ke Bank BPD, sekaligus dengan bunganya sebesar Rp.25 juta.

“Kita kembalikan awal Februari lalu, itu sisa anggaran pilkada Kolaka beberapa hari yang lalu karena dari Rp.15 Milyar lebih anggaran untuk kami, hanya digunakan Rp.14 Milyar lebih. Jadi sisanya kita kembalikan,” katanya Idham Hindardi.

Dia juga menegaskan bahwa pengembalian dana sisa pilkada ini sengaja dilakukan agar kinerja KPUD Kolaka dalam menghadapi Pilcaleg bisa terkonsentrasi. Jika merujuk pada aturan berlaku, maka sisa anggaran pilkada dapat dikembalikan tiga bulan setelah perhelatan tersebut dilaksanakan.

“Kalau diaturannya yang tertuang dalam Peraturan Mendagri Nomor 44/2007 yang sudah melalui perubahan Pemendagri Nomor 57/ 2009 memang nanti tiga bulan setelah itu pilkada dilaksanakan. Takutnya ini kan jadi masalah saat pilcaleg nanti, jadi kita menghindari indikasi masalah,” tambahnya.

“Terkait BPK, kita sebenarnya hanya menunggu untuk diperiksa karena uang itu sudah dikembalikan. Itu saja, tidak ada yang lebih. Kalau selesai kan kita bisa kerja tenang menghadapi pilcaleg ini. Kami juga mohon bantuan seluruh pihak untuk mensukseskan pemilihan April mendatang,” tutupnya.  ABDI

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top