Connect with us

Kasus Pidana Pileg Segera Disidangkan

Hukum & Kriminal

Kasus Pidana Pileg Segera Disidangkan

RAHA, SUARAKENDARI.COM-Kasus pidana pemilu dengan tersangka KPPS TPS 1 Desa Lakarama Kecamatan Towea, siap disidangkan di Pengadilan Negeri Raha, Senin pekan depan.

“Berkasnya sudah lengkap. Rencananya Jumat (16/5) kami limpahkan ke Pengadilan. Jika tidak halangan, Senin sudah siap disidangkan, “ujar Kasi Pidum Kejari Raha, Junaedi HS, SH, Rabu (14/5).

Menurut Edi, begitu dia kerap disapa, pada Senin(12/5), pihaknya mendapatkan pelimpahan berkas kasus Pileg 2014 dari penyidik Polres Muna. Terdiri dari ketujuh orang tersangka yang merupakan seluruh anggota KPPS TPS 1 Lakarama.

Adapun sejumlah barang bukti berupa SK KPPS dan SK PPL yang bersangkutan. Kejaksaan sendiri, lanjut Edi, sudah menunjuk Jaksa Penuntut Umum (JPU) dipersidangan Senin nanti.

Edi mengatakan, kasus pidana pemilu KPPS TPS 1 Lakarama , diproses berdasarkan hasil rekomendasi Panwaslu Muna. Mereka terpaksa berurusan dengan hukum,karena menolak memberikan formulir C dan Formulir C1 kepada Panwas Lapangan.

Atas perbuatannya, sambung Edi, mereka disangkakan melanggar pasal 288 Undang-Undang nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD, dengan ancaman hukuman satu tahun penjara dan denda senilai Rp.13 juta.

“Penyelesaian kasus pidana pemilu berbeda dengan kasus pidana lainnya karena dibatas waktu. Kami harapkan kasus ini bisa tuntas dengan cepat,”pungkasnya.(TRI )

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top