Kasiat Biji Kurma, Jangan Dibuang !

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi manusia dan sangat dianjurkan untuk makan kurma saat berbuka puasa. Namun banyak dari mereka sering membuang biji kurma begitu saja setelah memakan buahnya. Padahal sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa digunakan dari biji kurma.

Seperti dilansir dari media online kabarmakkah.com berikut cara pengolahan dari biji kurma sehingga biji kurma tersebut bisa kita ambil manfaatnya.

Cara Mengolah Biji Kurma
Pertama, Cuci Biji Kurma Sampai Bersih. Usahakan proses pencucian biji kurma tidak menggunakan sabun dan sejenisnya karna sabun sangat berbahaya bagi tubuh jika terkonsumsi. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa daging kurma yang masih tertinggal kemudian bilaslah dengan air sampai bersih.

Kedua, Ratakan Di Dalam Baki Kemudian Jemur Di Bawah Terik matahari.Penjemuran biji kurma hendaknya dilakukan ditempat yang aman dan terhindar dari debu serta gangguan dari semut dan binatang-binatang lainnya agar kebersihan dari biji kurma yang dijemur terjaga.

Ketiga, Gorenglah biji kurma yang sudah kering tersebut dalam wajan tanpa minyak seperti gambar dibawah ini. Goreng sampai hangus dan mengeluarkan aroma sedap seperti kopi.

Tujuan dari penggorengan tanpa minyak ini adalah untuk membunuh parasit-parasit yang mungkin masih tersisa sewaktu proses penjemuran.

Tumbuk atau blender biji kurma tersebut sampai halus dan akhirnya terciptalah bubuk kopi yang lezat dan siap untuk diseduh.

Setelah proses penggorengan tanpa minyak selesai, Tumbuk atau blender biji kurma tersebut dan masukkan dalam wadah toples yang bersih.

Begitulah proses pengolahannya, mudah sekali bukan? Lalu apa manfaat Kopi dari Bubuk Kurma? Silahkan simak beberapa manfaatnya dibawah ini.

Manfaat Biji Kurma
Memberi energi instan
Menyembuhkan diabetes
Memberikan stamina yang cukup untuk bekerja selama seharian penuh
Menghilangkan letih dan lesu
Menghangatkan badan
Mengendorkan syaraf tegang, sehingga memberikan perasaan tenang
Menyembuhkan kanker, keputihan, gatal-gatal dan masuk angin
Menyembuhkan sakit perut
Menyegarkan badan / tidak mengantuk
Menyembuhkan darah tinggi, kolesterol dan stroke
Menyembuhkan sakit kepala / migrain
Melancarkan peredaran darah

Komposisi dan nutrisi yang terkandung dalam 100 gram biji kurma:

Kelembaban
7.17 – 9%

Protein
1.82 – 5.2%

Lemak
6.8 – 9.32%

Karbohdrat
65.5%

Serat
6,4 – 13,6%

Abu, sterol, Estrone
0.89 -1.57%

Polisakarida Larut Alkali
0.89 – 1.57%

Minyak Kuning-hijau
6 – 8%

Kandungan Asam Lemak Minyak Kuning-hijau
Lauric, 8%; myrictic, 4%; palmitic, 25%;

Stearic, 10%; Oleic, 45%; Linoleic, 10%

Asam Caprilat, Capric dan Asam Oksalat

Apakah manfaatnya cuma itu saja?? Oh tidak, karena selain bisa dibuat kopi, bubuk biji kurma juga bisa dijadikan sebagai scrub untuk melembutkan kulit. Caranya sangat mudah, Campurkan bubuk kopi biji kurma diatas dengan sedikit madu sebelum disapukan ke kulit.

Jika kamu mengalami masalah kulit kepala yang parah atau rambut rontok, ambil bubuk kopi biji kurma secukupnya lalu campurkan dengan satu sendok minyak zaitun, lakukan setiap hari sebelum tidur mudah-mudahan hasil yang menakjubkan.

Demikian artikel tentang Berbagai Manfaat Dari Biji Kurma, Setelah membaca artikel ini jangan ada yang membuang biji kurma lagi ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *