6:05 pm - Wednesday July 30, 2014

Kapolda Sultra Resmikan Tugu Brimob di Bombana

Mar 15, 2014 164 Viewed 0 respond
Foto bersama kapolda sultra Brigjend Polisi Drs Arkian Lubis SH dan Bupati Bombana, H.Tafdil bersama masyarakat kerabat para pejuang penumpasan DI TII di Kasipute. foto: BADAR
Foto bersama kapolda sultra Brigjend Polisi Drs Arkian Lubis SH dan Bupati Bombana, H.Tafdil bersama masyarakat kerabat para pejuang penumpasan DI TII di Kasipute. foto: BADAR

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjend Pol Drs Arkian Lubis, SH resmikan Tugu Brimob di Kabupaten Bombana jumat (12/3)

Tugu yang diresmikan merupakan simbol perjuangan atas perlawanan pasukan Brimob yang dulu disebut Mobrik dalam menumpas Pemberontakan DI/TII 10 November 1957 di Rumbia (Kasipute) ibukota Kabupaten Bombana.

Tugu tersebut berdiri tegak diperempatan menuju pelabuhan Ibukota Rumbia. Bagian atasnya dihiasi dua patung yang berdiri (seorang anggota perwira lengkap bersenjata didampingi patung masyarakat yang berkopiah).

Dikisahkan, dalam menumpas gerombolan pasukan DI/TII. Pasukan Brimob dibantu atau bekerjasama dengan penduduk setempat.

Ditempat berdirinya tugu tersebut, dilaporkan banyak masyarakat gugur. Sebab kala itu, daerah Kasipute telah diduduki pasukan gerombolan DI/TII Pimpinan Kahar Muzakar.

Bahkan diceritakan posko pasukan Brimob, sempat diserang hingga dikuasai pasukan DI/TII. Berkat kerja sama dengan masyarakat, serta bantuan tambahan pasukan aparat dari Buton dan Muna sehingga gerombolan dapat ditumpas.

Guna mengabadikan kejadian tersebut. Maka dibangunlah tugu brimob. Kapolda Sultra Arkian Lubis mengatakan tugu sebagai bukti untuk memperjelas keberadaan sejarah di kasipute yang monumental.

“Kami pasti tetap mengenang para jasa-jasa pelaku sejarah di daerah ini,” pungkas Arkian Lubis.

Sementara itu Bupati Bombana H. Tafdil menegaskan dibangunnya tugu selain untuk bukti sejarah, juga penyemangat jiwa para generasi muda Bombana.

“Tugu ini sebagai bukti telah terjadi peristiwa yang heroik di Kasipute. Selain itu, hadirnya tugu dapat membangkitkan jiwa para generasi muda dalam meneruskan cita-cita pahlawannya,” tandas Tafdil.

Arkian lubis datang di Bombana bersama rombongan sekitar pukul 09.00 wita. Diantaranya Kasat Brimob Kombes Pol, uden wijaya kusuma. Dir intel Polda Kombes pol sumardin, Dirumum Polda, Kombes listio sigit.

Usai memberikan sambutan dan penanaman pohon di Makopolres, Kapolda langsung menuju di mesjid Raya Kasipute dan menjadi khatib untuk shalat jumat berjamaah

Sesudahnya, sekitar pukul13.30 langsung meresmikan tugu Brimob. Sebelum balik di kendari, rombongan menempatkan waktu berkunjung di PT SUN (salah satu perusahaan emas di Kecamatan Rarowatu Utara Kabupaten Bombana.(BADAR)

Don't miss the stories followSuara Kendari and let's be smart!
Filed in
gubernur-Sultra-H.-nuralam-terpaksa-dipayungi-akibat-hujan-deras-saat-menyaksikan-salah-satu-rangkaian-MTQ-yakni-parade-para-kafila-MTQ-kabupaten-kota-kelilingi-arena-MTQ. foto: BADAR

Upacara Pembukaan MTQ Sultra Diguyur Hujan

prev-next.jpg

Bombana Terbanyak Loloskan pesertanya ke Final

Related posts
Your comment?
Leave a Reply

Baca Juga Berita iniclose