Kabut Asap Mulai Kepung Bombana

BPBD : Sudah Tingkat Waspada

Suarakendari.com, BOMBANA – Kabut asap mulai menyelimuti Kabupaten Bombana. Kabut mulai tampak disejumlah wilayah, di antaranya daerah Rumbia Ibukota Kabupaten Bombana serta wilayah daratan Poleang dan sejumlah daerah pemekarannya.

Ridwan, Kepala Bidang Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bombana mengatakan, kabut asap yang menyerang Bombana sudah dikategorikan tingkat waspada. Dengan jarak pandang sekira satu Kilo meter.

“Kepungan Asap di wilayah kita ini, sudah dikategorikan tingkat waspada. Sudah menyebar dan selimuti beberapa wilayah kita. Jarak pandang sekitar satu Kilo meter,” ungkap Ridwan.

Mantan Ketua KNPI Bombana ini menduga, kabut asap yang menyerang daerah Bombana di dua hari terakhir ini, merupakan kiriman dari kebakaran hutan di tiga wilayah Kabupaten tetangga.

“Kemungkinan kabut asap kita ini, Suplay dari Kebakaran di wilayah Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara. Disana ada beberapa titik api, sehingga asapnya kemungkinan mengepul ke wilayah Bombana,” tukasnya.

Meski begitu, Ridwan tidak menampik bila Bombana, mempunyai beberapa titik api, namun kata dia, hospotnya masih skala kecil. “Saya sudah memantau diwilayah Bombana, sehingga saya simpulkan asap kita ini merupakan asap kiriman. Memang di Bombana ini ada titik api, tapi skala hospotnya tergolong kecil. Palingan sekedar membakar jerami sawah dan lahan kebun pertanian masyarakat. Dan itu titiknya, tidak terlalu banyak,” jelasnya.

Ridwan mengaku eskalasi kabut asap yang selimuti Bombana belum begitu membahayakan masyarakat. “Memang kabut asap kita ini belum begitu membahayakan bagi. Kesehatan masyarakat, tapi kita harus antisipasi. Wajib kita waspada, kami akan terus memantau perkembangan asap ini. Jika sudah ketingkat yang membahayakan, kami akan bagikan masker kepada masyarakat,” tukasnya.

Pantauan wartawan, kabut asap mulai menyelimuti wilayah Rumbia ibukota Bombana di dua terakhir ini. Meski tidak setebalĀ  asap di Sumatera dan Kalimantan, namun hadirnya asap ini mulai menghawatirkan masyarakat. Mengepul disekitar gunung Kahar, lalu merambat ke wilayah pemukiman Ibukota. Kendati begitu, namun belum terlihat masyarakat yang memakai masker akibat hadirnya kabut asap tersebut. (DAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *