Kabupaten Muna Daerah Terbanyak Melakukan Pelanggaran Pilkada

Suarakendari.com – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sulawesi Tenggara telah menerima 39 laporan kasus pelanggaran Pilkada Serentak hingga pertengahan Oktober 2015.

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu mengatakan, dugaan Pelanggaran tersebut seperti pemasangan Alat Peraga Kampanye yang tidak sesuai aturan, Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang masih bermasalah, keterlibatan PNS sebagai tim sukses, serta dugaan politik uang.

“Laporan itu sebagian besar merupakan pelanggaran administrasi dan semuanya sudah kita rekomendasi ke KPU masing-masing,” ujarnya.

Menurut Hamiruddin, terkait pelanggaran Administrasi, Bawaslu Sultra telah merekomendasikan ke KPU setempat untuk segera menertibkan administrasi yang bermasalah, sementara untuk PNS yang terlibat sebagai tim sukses, pihaknya telah melaporkan ke atasan langsung dan merekomendasikan ke Kemenpan RB dan Mendagri.

“Jadi pelanggaran yang dilaporkan ke Bawaslu umumnya pelanggaran administrasi, dan semua sudah direkomendasikan ke KPU masing-masing pada tujuh wilayah kabupaten yang akan melakukan pilkada serentak,” ujarnya.

Khusus untuk pelanggaran bagi PNS, Kata Hamiruddin, Bawaslu sudah melakukan penandatanganan MoU dengan Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hamiruddin juga menjelaskan, pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap penggunaan Dana bantuan Sosial dari pemerintah agar tidak dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk melakukan kampanye. Karena Ada Indikasi Dana Desa dari pemerintah diklaim oleh partai Politik tertentu untuk menarik simpati masyarakat saat Kampanye.

dari 39 laporan dugaan pelanggaran Pilkada terbanyak terjadi  di Kabupaten Muna, menyusul kabupaten Buton Utara, Konawe Selatan dan Kabupaten Kolaka Timur.

Diketahui di Provinsi Sulawesi Tenggara ada tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak 9 Desember mendatang, Diantaranya Kabupaten Konawe selatan, Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Buton Utara, Muna dan Kabupaten Wakatobi.(SK/ANT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *