Connect with us

Kabupaten Muna Barat Akhirnya Mekar

Hukum & Kriminal

Kabupaten Muna Barat Akhirnya Mekar

RAHA, SUARAKENDARI.Com-Penantian panjang masyarakat Kabupaten Muna akan lahirnya sebuah DOB ( Daerah Otonomi Baru ), di Kabupaten Muna akhirnya terjawab sudah. Kamis ( 30/1) 2014,  dalam sidang paripurna  yang dipimpin Ketua Komisi II DPR RI Agun Ginanjar dari Fraksi Golkar, DPR RI  resmi mengesahkan mengesahkan Kabupaten Muna Barat,. Buton Tengah dan Buton Selatan Ketiga kabupaten baru ini resmi menjadi sebuah DOB di Pemrpov Sultra. Sungguh penantian yang sangat panjang bagi masyarakat Kabupaten Muna.

Jika kita menilik lahirnya Kabupaten Munbar, dimulai sejak tahun 2002. Pemerintahan dimasa itu berhasil memekarkan 9 kecamatan baru di wilayah Muna Barat,. Sebelumnya diwilayah itu cuma ada 3 kecamatan yaitu Lawa, Tikep dan Kusambi. ” Pemekaran Kabupaten Muna Barat melalui by desaign. Artinya kita perjuangkan sejak tahun 2002. Hal dimulai dari dimekarkannya 3 kecamatan disana menjadi 11 kecamatan oleh Pemkab Muna kala itu. Jadi mekarnya Kabupaten Munbar, tidak serta merta sekarang ini, tapi sejak 12 tahun lalu,” terang Ketua Komisi 3 DPRD Pemrpov sultra La Nika Jumat ( 31/1).

Menurut La Nika yang juga lahir di daerah di  Muna Barat, dengan mekarnya Muna Barat maka pemerataan pembangunan dan kesejahtraan masyarakat di Munbar, agar terwujud. ” Pemekaran itu bukan ajang bagi bagi kekekuasaan atau jabatan, tapi penigkatan kesejahtraan masyarakat dan aspek pelayanan pada masyarakat lebih baik dari sebelumnya. Apalagi di Munbar kaya akan potensi SDA dan SDM. Disana ada persawahan, peternakan dan perikanan dan pertanian, yang akan jadi primadona bagi pngembangan perekonomiaaan masyarakat Munbar tentunya.” tambah legislataor asal Partai Golkar Sultra ini.

Masih dari La Nika disinggung masalah candidat bupati Munbar kedepan, kata Ketua Komisi 3 DPRD Prov Sultra ini,  merupakan hak periogatif masyarakat Munbar. ” Masyarakat kita sekarang  sudah pintar. Mereka bisa memilih siapa calon bupati Munbar nantinya. Kalau malah PJ Bupati Di Muna Barat, kemungkinan besar akan ada setelah Pemilihan Legislaatif 2014. Karena harus  ada PP dulu dan itu memerlukan waktu cukup lama,” pungkas La Nika. ( TRI )

Continue Reading
You may also like...
1 Comment

1 Comment

  1. ryna_utina

    November 14, 2014 at 10:21 pm

    kami atas nama Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara di Yogyakarta mengucapkan selamat atas pemekaran Muna Barat, semoga di wilayah ini Insya Allah memiliki pemimpin yang benar2 mengayomo rakyat agar pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Mubar segera terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top