Kabaena Siap Gabung ke Kepton

Suarakendari.com-Amiadin Wakil Ketua DPRD Bombana berpendapat jika wilayah Kepulauan Buton (Kepton) mekar alias membentuk daerah provinsi baru, maka wilayah Kepulauan Kabaena, Kabupaten Bombana, siap bergabung.

Amiadin menjelaskan Kepulauan Kabaena dan wilayah Kepton punya kesamaan dan nilai historis. “Jika dilihat dari rentang kendali, nilai historis, maupun sosial dan budayanya. Kepulaun Kabaena itu sangat layak bergabung ke Kepton,” tuturnya.

Amiadin menggambarkan, Kepulauan Kabaena kini punya cita-cita yang sama, yakni ingin mekar atau membentuk Daerah otonomi Baru (DOB) dari otoritas Kabupaten Bombana.

“Usulan DOB Kepulauan Kabaena itu sudah masuk ke meja Mendagri dan DPR-RI. Artinya, jika wilayah ini mekar, dan Provinsi Kepton juga diamini, Maka wilayah Kabaena sangat layak bergabung sama Kepton,” jelasnya.

Secara sosiolog kata Politisi asal PPP ini, sulit rasanya bila Kepulauan Kabaena memilih bertahan di Provinsi Sulawesi Tenggara. “Kabaena itu wilayah kepulauan, punya kesamaan geografis dengan wilayah Kepton. Jika ditinjau dari posisi rentang kendali, Wilayah Kepulauan Kabaena itu sangat dekat dengan wilayah Kepton ketimbang Sultra. Makanya analisis pilihan masyarakat itu condong memilih Kepton,” tukas Amiaddin. (DAR) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *