Jusuf Kalla Dialog Langsung dengan Petani Kakao di Sultra

SUARAKENDARI.COM, Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla berkunjung di Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu (20/12/2015). Dalam kunjungannya kali ini, JK sapaan akrabnya melakukan dialog dengan bertatap muka secara langsung dengan petani yang ada di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Konawe Selatan, Sultra.

JK memberikan kesempatan secara langsung kepada para petani kakao untuk menyampaikan apa yang menjadi kendala atau permasalahan di lapangan dalam memproduksi kakao.

Darman salah seorang petani asal Lambadia, Kolaka Timur mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan bantuan berupa tenaga penyuluh untuk memberikan pemahaman kepada para petani.

“Perlu peningkatan pendampingan terkait budi daya karena yang menjadi masalah utama itu sulitnya untuk memberikan pemahaman kepada petani, jadi kami butuh untuk tenaga penyuluh lagi,” pintanya.

Hal lain diungkapkan oleh Sunandar, petani asal Besulutu, Kabupaten Konawe, menurutnya selama ini pihaknya telah mendapatkan bantuan dari Lembaga Ekonomi Mssyarakat Sejahtera sehingga para petani bisa dibantu. Namun demikian pihaknya juga meminta kepada pemerintah pusat agar bisa menjadikan LEM Sejahera sebagai lembaga nasional sehingga membantu petani yang lain. Tidak hanya itu, Sunandar yang mewakili petani asal Besulutu meminta agar pemerintah juga memperhatikan infrastruktur jalan agar mudah diakses.

“Kalau bisa jalan-jalan yang ada di wilayah kami bisa diperhatikan sehingga lebih mudah diakses dan memudahkan kami untuk lebih cepat memproduksi hasil kakao kami,” pintanya.

Menanggapi permintaan dari perwakilan petani kakao dari beberapa kabupaten yang ada di Sultra. Jusuf Kalla merespon baik dan berjanji agar segera memberikan bantuan terhadap apa yang menjadi keluhan petani.

“Masalah dana dan bantuan lain yang dikeluhkan kami akan usahakan agar bisa menyahuti semuanya dengan tekad agar masyarakat bisa sejahtera utamanya petani kakao, bagaimana bisa dicapai yakni dengan peningkatan produksi kakao,” tuturnya.

Untuk itu melalui pertemuan siang hari itu, JK memberikan motivasi dan dorongan kepada petani agar terus memperbaiki hasil produksi dan kualitas kakaonya sehingga harga dari kakao tersebut juga bisa meningkat. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *