Connect with us

Jurnalis Kompas TV Pimpin AJI Kendari

Metro

Jurnalis Kompas TV Pimpin AJI Kendari

KENDARI, SUARA KENDARI.Com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kendari yang merupakan salah satu organisasi bagi jurnalis yang diakui Dewan Pers, kembali melakukan pemilihan terhadap kepengurusan AJI Kendari Periode 2013-2016.

Dalam pemilihan kali ini, pasangan Zainal Ishaq-Suwarjono unggul mengalahkan pasangan Ishak Junaedy-Arifuddin Mangka, dengan perolehan suara sebanyak 26, sementara pasangan Ishak Junaedy-Arifuddin Mangka hanya mendapatkan 7 hak suara. Sebelumnya, AJI Kendari dipimpin oleh Midwan dan Zainal Ishaq sebagai sekretaris.

Pemilihan anggota AJI kali ini diikuti oleh 33 peserta anggota AJI yang tidak hanya berasal dari Kota Kendari, melainkan beberapa wartawan daerah yang berasal dari Kabupaten Konawe, Bombana dan Kolaka Timur.

Midwan selaku Ketua AJI Kendari Demisioner mengatakan, sebagai anggota AJI, maka seluruh anggotanya harus tetap menjaga independensinya, apalagi momentum pemilu yang sudah semakin dekat.

“Kita harus tetap menjaga bagaimana nilai-bilai dan moral tetap menjadi bagian dari AJI dan kita harus tetap bertekad agar AJI bisa menjadi parameter yang baik bagi organisasi wartawan lainnya,” pesannya.

Menurutnya, anggota AJI harus bisa membuktikan bahwa AJI merupakan suatu organisasi yang selalu mengedepankan independensinya dan tidak dapat dibeli hanya untuk kepentingan pribadi atau kepentingan politik menjelang pemilu 2014.

Abraham, perwakilan AJI Indonesia juga berpesan kepada anggota AJI khususnya AJI Kota Kendari agar terus menjaga integritasnya dan terus melakukan verifikasi terhadap anggota AJI yang ada saat ini.

“Pemilihan dan penerimaan anggota AJI ini harus diverivikasi, kita harus membuktikan bahwa pengurus AJI merupakan jurnalis handal dan jelas medianya, tidak ada anggota AJI yang bukan jurnalis apalagi wartawan bodrex,” ujarnya.

Sementara itu, jurnalis Kompas TV, Zainal Ishaq, yang baru saja terpilih mengatakan bahwa ia dan sekretarisnya, Suwarjono, akan berusaha untuk tetap menjaga nilai-nilai dan semangat perjuangan AJI.

“kami berkomitmen untuk menjalankan seluruh program yang telah dipercayakan oleh AJI Indonesia. Selain mengembangkan kapasitas jurnalis didaerah sultra, yang tidak kalah penting adalah tetap menjaga integritas,” katanya.

Sebelumnya pelaksanaan konferta atau pemilihan ketua yang baru tersebut, dua hari sebelumnya AJI Kendari telah melakukan training penulisan berita lingkungan dan penerimaan anggota AJI, sehingga saat ini jumlah anggota AJI Kendari yakni sebanyak 91 jurnalis yang berasal dari beberapa media berbeda. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top