Connect with us

Jembatan PT Trias, “Biang” Banjir di Kecamatan Kabaena

Suara Lingkungan

Jembatan PT Trias, “Biang” Banjir di Kecamatan Kabaena

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Jembatan PT Trias Jaya Agung disebut-sebut peyembab banjir di Kelurahan Rahampuu, Kecamatan Kabaena, Kabupaten Bombana.

Jembatan milik perusahaan Tambang Nikel ini, dilaporkan hambat arus sungai Lakambula yang membentang di Kecamatan Kabaena. Akibatnya, air sungai meluap hingga menyebar ke pemukiman warga

Diketahui, Sejak tahun 2010 lalu, Perusahaan yang membongkar lahan dekat Kelurahaan Rahampuu ini, membuat hauling (jalan masuk perusahaan menuju pelabuhan khususnya) dengan memotong sungai Lakambula dan Kelurahan Rahampuu.

Pembuatan Hauling itu, kini membawah malapetaka bagi warga Kecamatan Kabaena, Selasa pekan lalu. Air sungai tiba-tiba meluap, bermula dari jembatan PT Trias ini.

Sejumlah tumpukan kayu tertahan di kolong jembatan, akibatnya arus sungai terhambat dan airnya meluap. “Cincin yang ada di jembatan itu sangat kecil. Banyak kayu yang dibawah arus sungai tertahan disitu. Sehingga air meluap,” pungkas Bati warga setempat, yang saksikan datangnya banjir.

Tinjauan Wakil Bupati Bombana Hj. Mashura Ilah Ladamay Kamis (18/3), ikut memastikan bahwa jembatan tersebut merupakan penyebab banjir.

“Ini yang saya hawatirkan sejak dulu. Pembuatan jalan dan Jembatan ini (Hauling disungai besar Lakambula akan bermasalah). Sekarang sudah terjadi,” terangnya. Mashura mengaku, dirinya sudah mengingatkan sejak dulu, tapi tidak diindahkan. Kini kehawatiran tersebut berbuah nyata.

Bukan cuma jembatan yang disesalkan Mashura, Tapi cekdam milik perusahaan yang sudah Ribuan Ton mengekspor tanah Kabaena ini jebol. Bahkan diduga, bocornya Cekdam itu yang membuat banjir didaerah lain di Pulau Kabaena. “Bisa jadi air dari sini (Bocornya Cekdam) yang mengalir ke kecamatan lain itu,” duga Mashura.

Pengakuan warga setempat, sejak banjir landa Kabaena, tidak satupun pihak perusahaaan yang turut membantu. Hal ini yang membuat warga kesal. Mereka minta agar Pemkab menindak perusahaan PT Trias Jaya Agung. (BADAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Lingkungan

To Top