Jelang Pilkada Jumlah Penduduk Koltim Membengkak

suarakendari.com, Tirawuta – Menjelang Pilkada Serentak Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), data jumlah penduduk Koltim tiba tiba membengkak drastis. Salah satu pemicunya, akibat banyaknya warga di luar Koltim yang tiba tiba mengusul kepindahan domisili ke Koltim. Hal ini di akui kepala Dinas catatan Sipil dan kependudukan Koltim Anwar Hamzah.

Menurutnya, adanya pertambahan penduduk baru Koltim, karena sebagian ada yang baru lulus jadi PNS di Koltim. Sehingga otomatis mereka harus pindah domisili ke Koltim.

“Selain penambahan penduduk dari kalangan PNS baru, kami juga menerima banyak surat perpindahan dari berbagai daerah yang ingin berdomisili di Koltim, dengan alasan pindah tugas maupun sekedar ingin dekat dengan keluarga,” katanya.

Di tambahkanya, terkait keberadaan warga baru, kami sudah melaporkan ke Bupati. Dan sudah ada arahan dari Bupati langsung, jika ada warga yang ingin membuat KTP/KK agar terlebih dahulu melapor ke Desa dan Lurah setempat.

“Ada peraturan yang berlaku. Jika 30 hari setelah adanya surat pindah dan tidak segera di laporkan ke Dinas Capil. Maka surat pindah itu sendiri usang atau kadaluwarsa,” jelasnya. (SAWAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *