Connect with us

Jelang Pemilu, Peran Media Berpengaruh Besar

Hukum & Kriminal

Jelang Pemilu, Peran Media Berpengaruh Besar

KENDARI, SUARAKENDARI.Com- Pelaksanaan pemilu yang akan segera digelar pada Apri 2014 mendatang membuat seluruh penyelenggara pemilu mempersiapkan segala kebutuhan guna menyukseskan penyelenggaraan pemilu tersebut.

Kapolda Sultra, Brigjen Pol. Arkian Lubis, mengatakan bahwa peran media dalam pelaksanaan pemilu mendatang cukup besar, bahkan bisa jadi mengangkat atau menjatuhkan salah seorang caleg.

“Menjelang pemilu ini tentu kontribusi yang diberikan media sangat besar, karena media seseorang bisa menjadi populer dan bisa juga menjadi turun drastis, disinilah kita lihat bagaimana media bisa bekerja secara profesional dengan mengutamakan independensinya,” kata Arkian saat menerima kunjungan AJI Kendari di Ruang Kerjanya, Jumat (14/2/2014).

Menurutnya, sudah menjadi kewajiban bagi media utamanya jurnalis agar bisa bekerja sesuai dengan kode etiknya sehingga tidak memihak pada salah seorang juga, agar pelaksanaan pemilu lebih lancar.

“Media itu merupakan mitra kami untuk suksesnya pemilu mendatang, kami juga menyadari kami yang bertugas untuk mengamankan harus bisa selalu berkoordinasi dengan rekan media,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua AJI Kendari, Zainal Ishaq, menuturkan bahwa selama ini jurnalis yang bertugas untuk melakukan peliputan dilapangan sudah dibekali dengan kode etik, sehingga tidak mungkin jika dalam pemberitaan memihak kepada salah seorang caleg saja.

“Kami juga punya aturan yang namanya kode etik, sehingga dalam menjalankan tugas peliputan kami, kami tidak asal jalan saja, bahkan untuk pemilu dibatasi durasi bagi yang ingin tampil di media sehingga semua caleg bisa sama rata dalam pemberitaan,” tegasnya. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top