Connect with us

Jejak Kampung-kampung Terisolir di Bombana

Uncategorized

Jejak Kampung-kampung Terisolir di Bombana

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Warga Kecamatan Mataoleo merasakan daerah mereka begitu terisolir di negeri Bombana. Untuk mencapai daerah ini hanya dapat dilalui lewat darat melintasi perbukitan curam dan saat musim hujan, jalan sangat becek dan cukup membahayakan bagi pengendara.

“Daerah ini sangat terisolir karena jalan yang belum memadai,”ungkap Heri, calon legislatif Partai Golkar Bombana yang kerap berkunjung ke Mataoleo.

Badan jalan yang sebagian besar belum beraspal, membuat daerah ini semakin sepi kunjungan para pejabat atau pun warga daerah lain. Untuk itulah Heri berharap pemerintah Bombana dapat tersentuh memberikan bantuan perbaikan jalan dan sarana transportasi lainnya.

Tak hanya soal jalan, wilayah yang berjarak tempuh 30 KM dari ibukota Kabupaten Bombana sama sekali belum teraliri listrik. Kondisi ini otomatis ikut mempengaruhi kehidupan ekonomi warga setempat.

“Selama ini hasil bumi dan hasil laut warga di dua kecamatan hanya menjadi sasaran para tengkulak mengingat tidak adanya informasi pasar yang bisa diperoleh petani dan nelayan setempat,”ujar Heri.

“Jika saja sarana listrik tersedia, maka warga bisa memperoleh informasi melalui pesawat televisi dan radio,”tambah pria bujang  yang akan tampil sebagai caleg di daerah pemilihan satu meliputi Kecamatan Mataoleo, Masaloka, Lantari dan Lantari Jaya.

Ada solusi terbaik bagi kecamatan yang memiliki 10 desa ini yakni dengan memanfaatkan sumber daya air yang melimpah untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau juga pembangkit listrik tenaga uap  (PLTU). Sebagai secara ekonomi listrik yang menggunakan tenaga diesel akan lebih mahal, sebab menggunakan bensin dan solar yang harganya mahal.

“Kebutuhan listrik dan telekomunikasi harus ada sebagai solusi bagi masyarakat di kecamatan itu agar dapat berdaya dan terbantu kehidupan ekonomi mereka,”ujar pria berkacama ini. YOS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top