Jatuh Miskin di Kendari, Warga Korea Selatan Dideportasi

0

SUARAKENDARI.COM-Seorang warga Negara Korea Selatan bernama Viong Gih (78) dideportasi karena kepergok tidak lagi memiliki dokumen resmi (paspor) selama menetap di Kota Kendari. Bahkan saat ditemukan pria Korea Selatan itu dalam kondisi tidak lagi memiliki harta benda karena mengalami kebangkrutan usaha.

“Ia, (Mr Viong)  sudah cukup lama tinggal di Kendari dan tidak lagi memiliki dokumen resmi sehingga kita amankan selama beberapa hari sambil menunggu proses dokumen dari kedutaan negaranya di Jakarta,” kata Kepala Sub-Seksi Penindakan kantor Imigrasi Kelas I-A Kendari, Rusfian Effendy di Kendari, Selasa.

Menurut Rusfian, warga kebangsaan Korea Selatan itu awalnya berada di Kendari sejak tahun 2007 dengan kegiatan sebagai pengusaha kayu, namun di perjalanan usahanya itu sempat tertipu oleh salah seorang warga di kota ini sehingga yang bersangkutan bangkrut dan tidak lagi melanjutkan usahanya.

Pihak imigrasi menemukan warga Korea itu tinggal di Kecamatan Mandonga, Kota Kendari. Saat ditemukan pria uzur tersebut tidak lagi memiliki apa-apa, sehingga berdasarkan aturan setiap warga negara yang masuk ke tanah air dan tidak memiliki dokumen wajib untuk diproses untuk dikembalikan ke negara asalnya.

Dalam proses detensi warga korea itu sebelum dideportasi, pihak Imigrasi sempat melakukan penahanan selama hampir sepekan sambil menunggu surat dari kedutaan Korea Selatan yang mengeluarkan dokumen itu.

“Rencanya hari Selasa, Mr Viong Gih, akan kami terbangkan dari Bandara Haluoleo Kendari menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta yang dikawal salah seorang petugas Imigrasi Kendari. Di Jakarta selanjutnya akan diserahkan ke pihak kedutaan besar mereka untuk proses pemulangan ke negaranya.” ujar Rusfian. SK/AN

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.