Januari, Inflasi Kota Kendari 0,96 Persen

0

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) merilis bahwa pada Januari 2015, Kota Kendari mengalami inflasi sebesar 0,96 persen. Demikian diungkapkan Kepala BPS Sultra, Adi Nugroho.

“Inflasi Kota Kendari Januari yakni 0,96 persen dengan Indeks Harga Konsumen sebesar 115,05,” ungkapnya.

Jika dilihat secara nasional, dari 82 kota yang menghitung inflasi, 51 kota tercatat deflasi dan 31 kota mengalami deflasi.

“Inflasi tertinggi pada bulan ini terjadi di Kota Ambon dan Merauke masing-masing 2,37 persen dan 1,73 persen, sementara inflasi terendah terjadi di Kota Padang 1,98 persen dan Gorontalo 1,27 persen,” terangnya.

Pihaknya juga merilis bahwa penyebab terjadinya inflasi negatif di Kota Kendari karena turunnya indeks harga pada kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan 4,80 persen, pendidikan, rekreasi dan olahraga 1,24 persen, sandang 0,92 persen serta bahan makanan sebesar 0,18 persen.

Selain penurunan harga, ada beberapa kelompok yang mengalami kenaikan harga yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau serta perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar masing-masing 0,95 persen dan kesehatan 0,50 persen. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.