Jalur Lingkar Luar Kota Kendari Segera Diaspal

KENDARI,SUARAKENDARI.COM-Tahun 2015 ini pemerintah kota Kendari akan melakukan pengaspalan sejumlah jalur jalan lingkar luar (outer ring road ) yang telah dibuka sejak beberapa tahun terakhir .
Wali Kota Kendari Asrun menjelaskan jalan lingkar luar yang di buat pemerintah kota Kendari bertujuan untuk memecah kemacetan dalam kota dan memisahkan kendaraan bertonase besar sehingga tidak masuk kedalam kota. Jalur itu juga akan menghubungkan jalur darat, laut dan udara.
“Jalur darat itu menghubungkan sejumlah kabupaten disekitar kota Kendari yang nantinya masuk kedalam terminal tipe A baruga hingga ke bandara Haluoleo, untuk jalur laut itu menghubungkan pelabuhan Bungkutoko” kata wali kota
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari, Muh. Ali Aksa mengatakan jalur outer ringroad ini bisa mempersingkat jarak tempuh dan waktu tempuh menuju bandara haluoleo khusunya warga yang bermukim di kabupaten Konawe dan sekitarnya.
“Kalau menggunakan jalur yang ada saat ini masuk kedalam kota, jarak tempuhnya mencapai 32 Km sedangkan kalau menggunakan outer ring road jalur Puwatu-Abeli dalam- batas kota Baruga hanya menempuh jarak 9 Km” katanya
Dia menjelaskan pengaspalan dua jalur Abeli Dalam Kecamatan Puwatu menuju brimob Kecamatan Baruga sepanjang 11 KM akan dikerjakan hingga tahun 2016 mendatang, sedangkan untuk jalur SMA 5 Nanga-nanga sepanjang 9 Km rencananya tahun 2015 ini akan di aspal sepanjang 7 km dan sisanya akan dilanjutkan tahun depan.
Ali Aksa menuturkan Untuk jalur outer ringroad dari Nanga-nanga hingga pelabuhan container tahun 2014 lalu sudah tuntas pembukaannya dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki dinas PU, namun untuk pengaspalan sudah masuk perencanaan termasuk mengusulkan bantuan ke propinsi atau pemerintah pusat.
“Jalan outer ring road Nanga-nanga pelabuhan container sepanjang 11 Km sudah tuntas pembukaannya dan sudah masuk dalam perencanaan kami “tambahnya.(ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *