Connect with us

Jalan Raha-Tondasi Rusak Parah, Warga Protes

Uncategorized

Jalan Raha-Tondasi Rusak Parah, Warga Protes

RAHA, SUARAKENDARI.COM- Infrastruktur jalan di Kabupaten Muna,baik jalan nasional maupun jalan provinsi dan kabupaten,selalu saja menjadi persoalan yang dikeluhkan warga. Teranyar,sekelompok massa yang menamakan diri Wahana Aspirasi Rakyat (WAR) menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Muna dan Gedung DPRD Muna, Selasa.

Puluhan massa WAR Muna yang juga terdiri dari para sopir angkot dan warga Tikep,menuntut agar pemerintah memberi perhatian serius pada jalan yang menghubungkan enam kecamatan itu, Sawerigadi, Tiworo kepulauan, Tiworo Tengah, Tiworo Utara, Tiworo Selatan dan Maginti.

Kondisi ruas jalan tersebut kini rusak berat dan sudah lama tak tersentuh perbaikan. Akibatnya,jalan itu menjadi jalur rawan kecelakaan lalulintas serta menghambat arus transportasi warga dari Tondasi (Tikep) ke Raha. Mengingat,Tikep merupakan salah satu kecamatan yang merupakan sentra produksi pangan dan sayur mayur di Kabupaten Muna.

“Sudah lama jalan nasional Raha-Tondasi rusak, tidak pernah
diperbaiki, padahal ini adalah jalan utama yang kerap dipergunakan
masyarakat. Hampir sebahagian besar hasil pertanian dilalui jalan
poros Tondasi-Raha menjadi penunjang kebutuhan pangan masyarakat. Muna,”ujar salah seorang orator, Rukhman Mulia.

Di Pemda,aspirasi massa diterima oleh Sekda,Nurdin Pamone. Dia berjanji akan menyampaikan aspirasi itu kepada Bupati Muna,LM Baharuddin.

“Kita akan meneliti mana jalan yang menjadi kewenangan pemerintah Kabupaten. dan Pemerintah Provinsi. Jika jalan itu adalah kewenangan kabupaten,kami akan teruskan ke instansi terkait dalam hal ini dinas PU Muna,jika merupakan jalan provinsi, maka kami teruskan ke Pemprov,”beber Nurdin Pamone,kemarin.

Aksi kemudian dilanjutkan ke DPRD Muna,namun sayang tak satupun anggota dewan berada di gedung DPRD Muna. (TRI )

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top