Connect with us

Jalan Kabaena Rusak Parah, Dinas PU Bombana Tutup Mata

Uncategorized

Jalan Kabaena Rusak Parah, Dinas PU Bombana Tutup Mata

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Jalan lintas Pulau Kabaena Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara rusak parah. Pasca perluasan dan pengerasan badan jalan yang dilakukan sejumlah investor tahun 2013 lalu, kini rusak kembali

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bombana dituding tidak respek atas kerusakan jalan di Pulau yang terkenal sebagai penghasil Nikel terbesar di Kabupaten Bombana ini.

Pantauan media ini, Jalan yang menghubungkan antara Kabaena Timur dengan Kabaena Selatan, ditaksir sekitar 64 Km.

Sejumlah titik pengerasan, rusak kembali sebab sekian lama tidak diberi aspal. Diantaranya, jalan poros Batuawu-Teomokole dan Sikeli -Tedubara-Balo. Sejumlah material jalan berupa batu kerikil, muncul dan teracak dipermukaan jalan. Kondisi ini  sangat mengancam keselamatan pengguna kenderaan.

“Jalan disini, kita harus ekstra hati-hati Pak, harus pelan dan sabar. Jika tidak, bisa jatuh tersungkur dan ditadah oleh batu jalanan,”pungkas pengojek setempat.

Bukan cuma itu, ganasnya debu jalanan menerpa para pengguna pengendara serta penduduk yang bermukim di pinggir jalan. Namun sebaliknya, jika musim hujan tiba, sejumlah badan jalan dilumuri lumpur sehingga becek dan licin. Tidak sedikit pengguna jalan  jatuh atau tergelincir.

Diketahui, jalur lintas Kabaena sempat diperbaiki oleh sejumlah investor yang menambang di pulau tersebut. Perbaikan berupa pengerasan dan pelebaran jalan, tuntas dari Kabaena selatan hingga ke Kabaena Timur.

Jalan tersebut sempat bagus pasca perbaikan. Namun Dinas PU Bombana tak kunjung mengalokasikan anggaran untuk pengaspalan. Sehingga kondisinya, kini rusak kembali

“Harusnya usai pengerasan dulu tidak dibiarkan begitu lama. Langsung diupayakan untuk diberi diaspal. Artinya, bukan cuma kekayaan alamnya yang di ekspor atau dipungut pajak dan retribusinya. Namun kondisi jalannya wajib diperbaiki,” tukas Zelin warga Kabaena.

Namun harapan pengaspalan itu kata Zelin, makin dinanti makin jauh dari realisasi.  Akibatnya, pengerasan yang dilakukan para investor tahun lalu, kini rusak kembali. “Dinas PU Bombana berkewajiban menangani persoalan ini,” tegasnya. (DAR)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top