Connect with us

Jaksa Nakal di Sultra Dijatuhi Sanksi

jaksa

Metro

Jaksa Nakal di Sultra Dijatuhi Sanksi

KENDARI.SUARAKENDARI.COM, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak ingin main-main terhadap jaksa nakal dan staf yang bermain-main dan menyalah gunakan kekuasaan serta jabatan yang dimilikinya.

Kajati Sultra, Andi Abdul Karim, menegaskan bahwa sejauh ini sudah ada belasan jaksa dan staf tata usaha yang dijatuhi sanksi karena dinilai tidak patuh terhadap aturan serta bersikap tidak profesional dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Dalam rangka menegakan disiplin dan meningkatkan penilaian kami terhadap jaksa dan staf tata usaha, maka kami tidak segan-segan untuk memberikan hukuman jika kedapatan tidak menjalankan tugas sesuai dengan aturan atau menyalah gunakan jabatannya,” tegasnya, Selasa (22/7/2014).

Berdasarkan data yang dimilikinya saat ini, dari tahun 2013 sampai 2014, pengaduan terhadap jaksa dan staf tata usaha yang masuk ke pihaknya yakni sebanyak 27 kasus.

“Kami sudah melihat ada 27 kasus atau laporan yang masuk kepada kami, 12 kasus tidak terbukti dan 13 kasus lainnya dijatuhi hukuman sesuai dengan kesalahan yang telah dilakukan,” terangnya.

Menurutnya, dari 13 kasus tersebut enam diantaranya merupakan jaksa dan tujuh orang lainnya merupakan staf tata usaha yang telah dijatuhi hukuman sesuai dengan kasalahan yang dilakukannya. “Hukuman yang diberikan bervariasi, ada yang disiplin sedang, penurunan pangkat dan penundaan gaji, semuanya disesuaikan dengan PP No 53 Tahun 2010,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya ketegasan yang diberlakukan tersebut, semua jaksa dan staf tata usaha tidak ada lagi yang mempermainkan jabatan yang dimilikinya, sehingga penegakan hukum bisa dilakukan secara menyeluruh dan tanpa pandang bulu. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top