Connect with us

Jadwal Pilkada Serentak di Sultra Belum Final

Uncategorized

Jadwal Pilkada Serentak di Sultra Belum Final

 

BOMBANA,SUARAKENDARI.COM -Meski Kementrian Dalam negeri (Kemendagri) memastikan delapan Kabupaten di Sulawesi Tenggara bakal menghelat Pilkada tahun 2015, serta sembilan Kabupaten lainnya, Pilkada tahun 2018.

Namun persoalan itu, rupanya belum final. Anggota KPUD Bombana Ashar SP, mengatakan kepastian usulan Kemendagri  tersebut, masih menunggu hasil sidang pertama DPR-RI Januari 2015 mendatang.

Kata Ashar, pengangkatan penjabat Guburnur, Bupati/Walikota diatur dalam pasal 201 ayat 6 nomor 1 tentang pemilihan gubernur, Bupati dan walikota melalui, peraturan penganti undang-undang (Perpu).

Akan tetapi sambung Ashar, perpu tersebut hingga sekarang belum diajukan atau mendapat persetujuan di meja DPR-RI. “Jadi kepastian usulan itu, bisa jadi nanti di Januari 2015. Sebab menunggu keputusan hasil sidang DPR diterima tidaknya Perpu Pilkada langsung itu,” tutur Ashar.

Komisioner KPUD dua periode ini, memprediksi kemungkinan bakal ada pergeseran, jika nantinya melewati pembahasan Di DPR nanti.

“Misalnya, regulasi perpu yang mengatur pilkada serentak tahun 2015,2018 dan 2020 itu, akan disederhanakan menjadi dua tahap. atau bisa jadi perpu itu ditolak,” ujarnya.

Ashar menjelaskan jika perpu itu disetujui DPR dan disederhanakan menjadi dua tahap, maka keputusan yang sudah dikeluarkan kemendagri tersebut bisa jadi ikut berubah.

“Misalnya, masa pemerintahan Bupati/walikota yang berakhir diperiode tahun 2016 dapat saja digabug ke 2015. Sebab melihat rentang waktu lebih pendek ke arah 2015 ketimbang melangkah ke pilkada ditahun 2018,” terangnya.

Ashar menjelaskan belum ada yang final terkait keputusan waktu pilkada di Sulawesi Tenggara, termasuk Kabupaten Bombana yang sudah dikelompokan bakal menggelar Pilkada 2018 mendatang.

Sebelumnya, kemendagri mengeluarkan surat bernomor 120/4474/Otoda tanggal 28 Otober 2014 terkait daerah yang menggelar Pilkada tahun 2015 dan 2018.

Di Sultra, kabupaten yang Bakal menggelar Pilkada 2015 yakni, Buton Tengan, Buton Selatan, Kabupaten Konawe Selatan, Muna, Buton Utara, Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, Muna Barat.

Sementara Kabupaten yang menghelat Pilkada 2018, diantaranya, Buton, Bombana, Kota Bau Bau,Konawe Utara, Wakatobi, Kota Kendari, Konawe dan Provinsi Sulawesi Tenggara. (DAR)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top