Connect with us

Isu Pungli Hadang PNS K2 yang Lulus

Metro

Isu Pungli Hadang PNS K2 yang Lulus

 

KENDARI, SUARAKENDARI.Com- Dugaan terjadinya pungutan pada para calon pamong yang lulus K2 kian santer terdengar , bahkan para oknum di Badan Kepegawaian Daerah di seluruh daerah penyelenggara  tes CPNS K2 memintai uang hingga puluhan juta rupiah.

“Kami mendengar ada rumor Badan Kepegawaian Daerah  (BKD) setiap daerah akan melakukan verifikasi pada PNS yang lulus dan jika itu terjadi, maka itu bisa terjadi peluang baru para oknum BKD untuk melakukan pungli,”kata Kisran Makati dari Konsorsium LSM Pemantau CPNSD saat dimintai pendapatnya terkait isu pungli tersebut.

Di beberapa daerah kabupaten, lanjut Kisran, sudah terendus adanya dugaan upaya permainan uang dengan menentukan tarif dengan kisaran Rp 20-30 juta rupiah pe PNS K2 yang lulus.  Permainan uang ini bukan hal yang mustahil melihat adanya peluang verifikasi pada mereka yang lulus. “Mestinya kalau verifikasi itu dilakukan dengan benar tidak masalah, tapi jangan kemudian mengatasnamakan verifikasi untuk mengeruk keuntungan pribadi,”ujar aktifis yang konsen dengan isu korupsi dan lingkungan hidup ini.

Kisran mengaku konsorsium LSM kini tengah melakukan investigasi kebenaran kasus public pada para honorer yang lulus K2 dan membuka pengaduan. Bukan hanya di Sultra tapi di seluruh Indonesia. “Semakin ketat pengawasan, semakin canggih pula modus korupsi yang dilakukan para oknum, ini memprihatinkan,”ujar Kisran. YS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top