Connect with us

Istri Bupati Bombana Raup Suara Terbanyak di Dapil Poleang

Hukum & Kriminal

Istri Bupati Bombana Raup Suara Terbanyak di Dapil Poleang

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Berdasarkan pleno hasil rekapitulasi suara di KPUD Bombana selasa( 23/4), Istri Bupati Bombana Hj. Andi Nirwana Tafdil, Caleg PAN untuk Dapil 2 Bombana meraup suara fantastik dengan total 6.217 suara.

Dari 38.938 jumlah pengguna hak pilih  Di Dapil Poleang ini, atau sekitar 36.598 jumlah suara sah. Andi Nirwanamemastikan diri lolos sebagai salah satu anggota DPRD Bombana periode 2014-2019.

Dari total sebelas kursi yang diperebutkan, atau angka Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) sekitar 3.327 suara. Perempuan yang menjadi Ketua Penggerak PKK Kabupaten Bombana ini merupakan satu-satunya caleg yang melebihi angka BPP khusus di Dapil Poleang ini.

Bahkan dengan total jumlah suara sah partai dan suara calon capai 13.672. Partai berlambang Matahari terbit ini, bisa menarik tiga kader PAN lainnya untuk duduk di legislatif. Berdasarkan capaian suara urut terbanyak di pemilu legislatif 9 April lalu, yakni  Sukmawati Darwis dengan total 1.567 suara, H. Rusdi (1.182) suara, Juntas, S.IP (933) suara.

Caleg selanjutnya yang berpotensi ke legislatif Bombana dari partai Golkar. Dengan total jumlah suara sah partai dan suara calon capai 3.522 suara. Nama Drs. H. Rasyid ukir suara tertinggi untuk partai beringin ini dengan jumlah 1.638 suara.

Menyusul partai Hanura dengan total jumlah suara sah partai dan suara calon capai 2.562 suara. Caleg yang memperoleh suara terbanyak yakni Suritman dengan jumlah 494 suara.

Lalu, Partai Bulan Bintang (PBB). Nama Sudirman merupakan caleg yang memperoleh suara terbanyak dengan meraup 759 suara. Sedangkan total jumlah suara sah partai dan suara calon untuk PBB capai 2.397 suara.

Selanjutnya, caleg asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Dengan total jumlah suara sah partai dan suara calon capai 2.356 suara, nama Abdul Jalil bisa duduk jadi wakil rakyat usai meraup suara tertinggi dipartainya sebanyak 900 suara.

Tiga sisa kursi terakhir yang memungkinkan calegnya meraup kursi di DPRD Bombana, yakni Gerindra, Nasdem dan PDIP. Dengan total jumlah suara sah partai dan suara calon capai 2.269, partai Gerindra bisa merebut jatah kursi ke sembilan. Nama caleg yang mengantongi suara terbanyak yakni Syukur, 576 suara.

Menyusul partai Nasdem, dengan total jumlah suara sah partai dan suara calon capai 2.151 suara, nama Arsyad mengumpulkan suara tertinggi sebanyak 831 suara diantara keder lainnya. Sementara kursi terakhir bisa jadi milik PDIP. Dengan total jumlah suara sah partai dan suara calon capai 2.039 suara, nama Hasrat disebut-sebut bisa lolos usai mengantongi suara terbanyak sekitar 711 suara.

Ketua KPUD Bombana, Batmang mengatakan penetapan rekapitulasi perolehan suara di Kabupaten Bombana usai hasil pleno rekapitulasi suara ditingkat KPUD provinsi. ” Kami  akan pleno dulu di tingkat KPUD Provinsi. Sesudah itu baru ada penetapan hasil pemilu di Bombana,” tukasnya (DAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top