Inspiratif, Vokalis Band yang Hobi Berkebun

0

Suarakendari.com- Alaeka Zulkarnain, vokalis Save Band memberi inspirasi bagi banyak anak muda di Kota Kendari. Tak hanya hobi bernyayi, pria kelahiran Kendari 39 tahun silam ini punya hobi berkebun. Di halaman rumahnya yang asri tumbuh aneka jenis tanaman, dari jenis sayur mayur hingga aneka tanaman bunga.

Saat berkunjung ke kediamannya di Kelurahan Puwatu, Kota Kendari, nampak aneka tanaman tumbuh subur dengan buah yang ranum menghijaukan halaman yang cukup luas tersebut. Di sana terdapat aneka tumbuhan palawija yang tidak asing lagi, seperti tomat, daun selada, seledri , aneka cabe, terong, sawi, gambas hingga kacang panjang yang ditanam di sejumlah wadah  seperti jerigen dan ember bekas, pipa paralon hingga wadah bekas air kemasan.

Selain tanaman palawija, terdapat pula aneka bunga yang dibudidaya, diantaranya, bunga suplier, bonsai beringin. Aneka wadah Dari hobinya tersebut, sejumlah penghobi tanaman kerap datang ke rumahnya, sembari bertukar pengalaman cara menanam.

DI halaman rumah Alaeka Zulkarnaen menyalurkan hobinya menanam aneka tanaman palawija dan aneka bunga. foto: FB:Alaekazulkarnaen
Di halaman rumahnya yang lapang, Alaeka Zulkarnaen menyalurkan hobinya menanam aneka tanaman palawija dan aneka bunga. foto: FB:Alaekazulkarnaen

Untuk tanam palawija yang digunakan adalah sistem hidroponik. Istilah menanam menggunakan sistem hidroponik saat ini memang sangat populer. Kata Hidroponik berasal dari bahasa Yunani yaitu “hydro” yang berarti air dan “ponics” yang artinya daya atau tenaga atau tenaga kerja. Jadi menanam dengan sistem hidroponik artinya menanam menggunakan media air atau tenaga kerja air. Dalam dunia pertanian, sistem hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilless.

Naim menjelaskan, menanam dengan teknik hidroponik berarti kita bercocok tanam dengan memperhatikan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman yang bersangkutan, atau istilah lainnya bercocok tanam tanpa tanah tetapi menggunakan air yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Di mana pun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap dapat tumbuh dengan baik apabila nutrisi (unsur hara) yang dibutuhkan selalu tercukupi. Dalam konteks ini peranan tanah adalah untuk penyangga tanaman dan air yang ada merupakan pelarut nutrisi, untuk kemudian bisa diserap tanaman. Dari sinilah akhirnya muncul beberapa teknik bertanam dengan menggunakan air yang kita sebut hidroponik, di mana yang ditekankan adalah pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman.

Kecintaanya akan tanaman memang tidak datang begitu saja. Keluarga besarnya terutama sang ayah menjadi orang yang paling memiliki jasa. “Saya belajar dari orang tua saya yang juga hobi berat berkebun,”kata Naim.

Aneka jenis tanaman milik Alaeka Zulkarnen. foto: Fbalaeka
Aneka jenis tanaman milik Alaeka Zulkarnen. foto: Fbalaeka

 

Dari aktifitasnya itu, Naim mengaku, tak lagi harus belanja sayuran. “Kalau mau makan tinggal petik, tak perlu lagi belanja,”katanya sembari tersenyum. Tak hanya itu, Naim dengan perlahan mengenalkan tiga buah hatinya pada jenis-jenis tanaman, sekaligus mengajari mereka pola bercocok tanam. “Di usia mereka yang masih sangat muda, kita memperkenal cara bercocok tanam, biar muncul kecintaan mereka pada tanaman,”ujar Zulkarnain.

Seperti di ketahui, Save Band adalah salah satu asal Kendari yang pernah melejit lewat tembang-tembang muda mereka. Band yang digandrungi muda mudi ini hingga kini terus menelurkan karya-karya khususnya pencinta musik Indonesia. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.