Connect with us

Ini Lima Sektor Kerjasama Pemerintah Kota Kendari dan Walikota La Rochelle Prancis

Nasional

Ini Lima Sektor Kerjasama Pemerintah Kota Kendari dan Walikota La Rochelle Prancis

Ini Lima Sektor Kerjasama Pemerintah Kota Kendari dan Walikota La Rochelle Prancis

Pemerintah Kota Kendari menerima kunjungan pemerintah Kota La Rochelle Prancis Jean Francous Fountain dan rombongan di Kota Kendari. Dok foto: HUMAS KOTA KENDARI

SUARAKENDARI.COM-Pemerintah Kota Kendari  menandatangani perjanjian kerjasama lima sektor pembangunan dengan  Pemerintah Kota La Rochelle, Prancis Jean Francous Fountaine. Kerjasama ditandatangani  di aula Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Jakarta. Sebagai tindak lanjut dengan kunjungan Jean Francous Fountaine bersama rombongan ke Kota Kendari, Kamis, (30/3/17).

Lima yang disepakati, yakni, dibidang kepariwisataan, pembangunan kawasan pesisir, sanitasi air bersih, pelabuhan dan sektor persampahan.

Di sektor  pariwisata, kedua belah pihak bersepakat  melakukan pertukaran pengenalan kebudayaan, sedang pada urusan sanitasi disepakati adanya manajemen dan pelayanan air bersih yang dapat langsung diminum warga. Pada  sektor pelabuhan, kedua pemerintah sepakat melakukan pengembangan pelabuhan rakyat atau tradisional, serta peningkatan SDM dan teknologi dalam bidang pengelolaan sampah.

Banyak kalangan menilai terobosan melalui perjanjian kerjasama antara dua pemerintah di negara berbeda ini, akan membuka peluang besar masuknya investor di Kota Kendari dan sekitarnya. Pasalnya, secara geografis ada persamaan yang mendasar antara Kota La Rochelle Prancis dan Kota Kendari,  sehingga dijuluki sebagai Sister City atau Kota Kembar.
Perjanjian kerja sama ini bukanlah hal baru bagi kedua pemerintahan, sebab, sebelumnya pada tahun 2014, pemerintah kota La Rochelle Prancis, telah melakukan perjanjian kerjasama Triparty bersama pemerintah kota Kendari dan Universitas Haluoleo Kendari (UHO), dalam hal pembukaan jurusan pendidikan Sastra Prancis. SK

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional

To Top