Connect with us

Ini Jejak Kasus Amdal Hotel Clarion Kendari

Metro

Ini Jejak Kasus Amdal Hotel Clarion Kendari

 

KENDARI, SUARAKERAKENDARI.COM-Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sultra kembali merilis kronologis pembangunan Hotel Grand Clarion Kendari yang dinilai kontroversi. Hal ini setelah melihat adanya upaya sistematis sejumlah pihak yang berusaha mengaburkan informasi kasus yang merugikan lingkungan ini.

Menurut Walhi Sultra, sejak awal 2012 silam, hotel berbintang 5 ini mulai dibangun,  sampai hotel tersebut beroperasi yang ditandai dengan peresmian oleh Gubernur Sultra akhir tahun 2013, belum memiliki dokumen analisa mengenai dampak lingkungan atau Amdal.

“Walhi Sultra telah melakukan konfirmasi diberbagai pihak kesimpulanya Hotel Grand Clarion blm memiliki izin tersebut. Hal ini diperkuat pengakuan Pihak BLH Kota Kendari dan manajemen Clarion yg intinya Amdal hotel tersebut sedang dibuat,”ungkap Kisran Makati, Eksekutif Daerah Walhi Sultra.

Pertanyaannya, lanjut Kisran,  apakah penyusunan Amdal dibuat saat proses pembangunan hotel atau setelah hotel beroperasi, lalu bagaimana dengan ketentuan dalam UU PPLH 32/2009, yang berkonsekwensi terhadap tindakan Administrasi, pidana dan perdata.

“Apa tindakan pemerintah dan aparat penegak hukum, WALHI memandang ini adalah tidak saja sebagai pelanggaran administrasi tetapi juga pidana lingkungan dan patut diduga berbau korupsi,”tambahnya. YOS

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top