Connect with us

Ini Dia Tiga Calon Unsur Pimpinan DPRD Bombana

dprd bombana

Pilkada

Ini Dia Tiga Calon Unsur Pimpinan DPRD Bombana

-PAN Jatah Ketua, Golkar dan PPP Posisi Wakil-

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Pergulatan politik terkait siapa yang bakal mengisi komposisi alat kelengkapan DPRD Bombana rupanya masih menunggu tahapan lobi-lobi anggota.

Sejauh ini, baru dua agenda DPRD yang menuai titik terang yakni agenda penetapan tata tertib dan komposisi fraksi. Untuk Tatib, sementara menunggu hasil asistensi dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Tatib sudah selesai dibahas, tinggal menungggu asistensi. Rencananya, akan diparipurnakan bersama komposisi fraksi nanti,” ujar Ismail, Kabag Persidangan DPRD Bombana

Setidaknya komposisi pengelompokan anggota dewan berdasarkan konfigurasi partai politik hasil pemilu April Lalu,  mengemuka jadi empat fraksi di parlemen Bombana. Koalisi PAN digadang-gadang sebagai fraksi dengan jumlah anggota terbanyak.

Bermodal meraih sembilan kursi, PAN disebut sebut sudah merangkul tiga anggota diluar partai untuk bergabung. Diantaranya Partai Gerindra (Dua Kursi) dan Partai Demokrat (satu Kursi). Sehingga diprediksi, total anggota dengan sebutan Fraksi PAN Bersatu ini berjumlah 12 anggota fraksi

Menyusul, fraksi dari gabungan partai Golkar. Partai berlambang beringin ini muncuat dengan gandengan partai Bulan Bintang yang memiliki dua kursi di DPRD. Bahkan PKS (satu kursi) dikabarkan bakal merapat di Koalisi golkar bersatu ini.

Jika dua parpol (PBB dan PKS) berhasil jadi gepetan golkar, maka jumlah anggota fraksi dengan nama Golkar bersatu ini, sebanyak enam anggota.

Dua fraksi lainnya yang mengemuka, yakni Fraksi Bombana Hebat dan Fraksi PPP Bangkit. Untuk Bombana Hebat, kemungkinan dari koalisi Partai Nasdem (dua kursi) PDIP (satu kursi), serta Hanura (satu kursi). Sementara Fraksi PPP Bangkit, dikabarkan bakal berdiri sendiri. Membentuk satu fraksi, meski cuma bermodalkan tiga kursi di DPRD Bombana.

Lalu, Bagaimana dengan alat kelengkapan DPRD Bombana seperti unsur pimpinan? Meski DPRD baru merumuskan Tatib dan fraksi, namun tiga nama unsur pimpinan (ketua dan dua wakil ketua), sudah ramai jadi perbincangan.

Untuk Ketua DPRD, sinyal kuat tertuju pada nama Andi Firman. Politisi asal PAN yang kini menjabat sebagai Ketua sementara DPRD Bombana ini, berpeluang diorbitkan jadi Ketua DPRD 2014-2019.

Sedangkan posisi dua Wakil Ketua DPRD, jadi  milik Golkar dan PPP. Di tubuh Golkar, nama yang santer mengemuka yakni Ahmad Mujahid. Sedangkan PPP, yakni  Abdul Jalil.

Bahkan ketiga nama unsur pimpinan tersebut, dikabarkan sudah mengantongi surat rekomendasi persetujuan dari masing-masing ketua partai mereka.

Namun menelusuri surat tersebut, masing-masing parpol masih mengunci diri untuk dibuka ke ranah publik.
Demikian pula untuk pengelompokan anggota Dewan di fraksi.

Meski pemetaannya nyaris bulat, alias sudah mendekati kesepakatan, namun tak satupun yang mau berkomentar.

“Tunggu saja nanti saat paripurna,” pungkas Ambo Rappe anggota DPRD Bombana asal PAN. Sementara Hanani, anggota DPRD asal PPP, tidak menampik bila fraksinya dikatakan bakal berdiri sendiri. Bahkan dirinya sudah menyebut nama. “Yang jadi wakil ketua itu, Abdul Jalil, sedangkan Ketua Fraksi Amiaddin,” pungkasnya.

Sedangkan Golkar mengakui sedang dekat dengan PBB. “Ya kami sedang jalin komunikasi dengan PBB. Semoga masih ada anggota lain bergabung dengan koalisi kamai,” Terang herianto anggota DPRD asal Golkar. (DAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pilkada

To Top