Connect with us

Ini Dia Penyumbang Sedimen Terbesar di Teluk Kendari

Metro

Ini Dia Penyumbang Sedimen Terbesar di Teluk Kendari

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Pakar ekologi Universitas Haluoleo Kendari, Dr Ir La Ode Alwi MSc mengatakan, penyumbang terbesar dari sedimen di Teluk Kendari berasal dari sejumlah sumber utama, yakni, luapan lumpur dari Sungai Wanggu, Gunung Nipa-nipa- Nanga-nanga dan aktivitas warga yang memanfaatkan kawasan di sekitar Teluk Kendari untuk membangun rumah.

Khusus yang bersumber dari aktifitas warga, memberikan sumbangsi kerusakan yang tidak sedikit, dimana hampir sebagian besar sampah rumah tangga bermuara ke teluk. “Jadi teluk ini ibarat tong sampah raksasa yang menampung sampah warga kota,”kata DR Alwi.

Karena itu, Pemerintah Provinsi Sultra bersama pemerintah di tiga daerah kabupaten/kota perlu membuat peraturan daerah bersama untuk menjaga dan menyelamatkan Teluk Kendari dari ancaman pendangkalan.

Peraturan daerah bersama sangat diperlukan karena Daerah Aliran Sungai Wanggu sebagai penyumbang sedimentasi terbesar di dalam Teluk Kendari meliputi wilayah ketiga daerah otonom itu.

“Begitu pula dengan kawasan Gunung Nipa-nipa dan Nangananga, yang saat ini sebagian besar sudah menjadi tempat pemukiman penduduk, meliputi tiga wilayah daerah, Kota Kendari, Konawe Selatan dan Kabupaten Konawe,”kata La Ode Alwi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top