Para Komisioner KPU di Sultra yang Dipecat DKPP

SUARAKENDARI.COM-Beragam pelanggaran menimpa sejumlah komisioner penyelenggara pemilu di Sultra sehingga membuat mereka terkena sanksi berat berupa pemecatan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Siapa saja mereka, berikut daftar nama-nama mereka.

1. Dimulai pada tahun 2012 silam, 5 anggota KPU Buton dipecat, mereka terdiri La Biru (ketua), La Ode Endang, Sumarno, Sahiruddin dan La Ode Abdul Salam. Para komisioner gagal melaksanakan Pilkada Buton dengan baik dan diduga menerima suap dari salah satu kandidat.
2. Oktober 2012, 5 anggota KPU Sultra dipecat mereka adalah, Mas’udi, DR Eka Suaib, Bosman, Abd Sahir dan LM Ardin dipecat karena terbukti lalai dalam proses pendaftaran, verifikasi dan penetapan calon gubernur sultra. Kasus mencuat setelah laporan dua cagub Nur Alam -Saleh Lasata dan Pasangan Ali Mazi-Bisman Saranani ke DKPP terkait pelanggaran kode etik.
3. September 2014 lima anggota KPU kolaka dipecat karena terbukti melakukan pelanggarn kode etik dengan melakukan perubahan perolehan suara caleg DPR RI dapil kolaka, kolut dan koltim. Mereka yang dipecat terdiri, Cahaya Rappe, Eritman Rahmat, Arifuddin, Abd Azis dan Mantong.
4. Desember 2014 dua anggota KPU Konawe dipecat mereka adalah Hermasyah Pagala dan Asran Lasahari terkait pemerasan pda caleg.
5. 26 Juni 2015, dua anggota KPU Buton dipecat masing-masing Sarmuddin dan M Wahyudin karena tertangkap bermain judi . Sk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *