Ini Dia Mobil Masa Depan

SUARAKENDARI.COM-Teknologi dunia kian maju. Di industri otomotif pengembangan luar biasa tengah terjadi. Para pengembang mobil terbang asal Negeri Paman Sam, Terrafugia, kian berambisi untuk menemukan inovasi besar dalam sejarah hidup manusia berupa mobil roda empat yang mampu terbang, bahkan tanpa sayap. Meski dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mewujudkan sebuah mimpi itu menjadi kenyataan, Terrafugia tidak pernah patah arang.

Projek terdepan yang kini tengah digarap dikenal dengan nama TF-X flying machine dengan kolaborasi desain mobil lawas, namun dipadu dengan teknologi paling canggih saat ini.

Secara teknis,  seperti dilansir merdeka.com, TF-X menggunakan tiltrotor systemseperti yang dipakai oleh Bell Boeing V-22 Osprey dan tenaga pendorong yang dikonversi dari baling-baling di titik buritan mobil. Dengan konfigurasi rancangan rangka dan kapasitas kabin besar, ia setidaknya sanggup untuk mengangkut empat orang.

Sebagai mobil dua dunia yakni di darat dan udara, TF-X menganut mesin hybrid yang memang disuguhkan sesuai kebutuhan berkendara. Dengan demikian, ia tak ubahnya mobil empat roda biasa yang hemat bahan bakar dan minim gas buang. Hanya bedanya, TF-X memiliki kemampuan mengudara.

Perusahaan dibalik pembuatan TF-X terus mengupayakan agar nantinya ia menjadi mobil terbang hybrid layak jalan baik darat maupun udara.

Lebih menariknya lagi, cara terbang TF-X tidak selalu dilakukan secara manual, namun tersedia pula sistem auto pilot layaknya pesawat terbang. Ia juga dilengkapi dengan sensor-sensor control agar mobil mampu mengudara dan mendarat secara otomatis. Kontrol manual tentu saja tetap dipertahankan untuk mengantisipasi jika terjebak dalam keadaan darurat seperti cuaca buruk saat penerbangan berlangsung. SK/MDK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *