Connect with us

Ini Daerah Penghasil Cabe Terbesar di Sulawesi Tenggara

Daerah

Ini Daerah Penghasil Cabe Terbesar di Sulawesi Tenggara

Ini Daerah Penghasil Cabe Terbesar di Sulawesi Tenggara

Rustam petani cabe asal Desa Batu Putih, Kecamatan Kolono Timur tengah memanen cabe miliknya. foto: Yoshasrul

Kebun cabe di Desa Batu Putih yang sudah siap panen. foto: Yoshasrul

Suarakendari.com-Tak disangka Sulawesi Tenggara rupanya menjadi salah satu daerah pemasok cabe di Indonesia. Adalah Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan yang kini menjadi daerah tujuan para saudagar cabe di Makasaar dan daerah Jawa.  “Jauh hari sebelum panen, pesanan sudah berdatangan dari Jawa dan Makassar,”ungkap Rustam petani Cabe di Desa Batu Putih, Kolono Timur.

Di tengah meroketnya harga cabe di pasaran, membuat Rustam dan petani cabe lainnya mendapat keuntungan besar. “Kami melepas di pasaran dengan harga 75 ribu per kilo gram cabe,”kata Rustam. Harga yang tidak seberapa tinggi ini, lanjut Rustam menjadi buruan para pedagang dari luar. “Kami tidak memasang harga tinggi karena ini sudah sesuai dengan ongkos buruh dan biaya perawatan tanaman kami,”jelasnya.

Di Desa Batu Putih sendiri terdapat sekira 25 hektar tanaman cabe milik petani. Ada yang bekerja berkelompok, ada pula yang secara individu. Dan untuk seluruh Konawe Selatan diperkirakan  ada ratusan hektar tanaman cabe yang kini dikembangkan. Kegiatan penanaman cabe dilakukan warga sudah berlangsung setahun terakhir dan booming harga cabe nampaknya menjadi pemicu dan dimanfaatkan warga untuk menanam cabe secara beramai-ramai.

Menurut Rustam, kesadaran yang tinggi serta adanya info harga pasaran membuat warga di wilayah Kolono dan Kolono Timur kini warga kin terus menggiatkan penanaman cabe.  “Semoga petani cabe mencapai kesejahteraan,”harapnya. YOS

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah

To Top