Ini Alasan PLN Sering Padamkan Lampu di Kendari

 

SUARAKENDARI.COM-Aktifitas pemadaman listrik di wilayah Kota Kendari hampir setiap hari dikeluhkan warga. Pasalnya, aktifitas pemadaman yang tiba-tiba bukan saja menggangu aktifitas warga dan berdampak secara ekonomi, tetapi juga telah menyebabkan kerusakan peralatan rumah tangga.

PLN sendiri beralasan, pemadaman terpaksa dilakukan secara bergilir di seluruh wilayah kota kendari akibat rusaknya dua mesin pembangkit listrik masing-m,asing di PLTD Wuawua dan di PLTU Ni Tanasa, di Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe. Selama ini PLTU menyuplai aliran listrik sebesar 20 MW.

“Pemadaman listrik terjadi karena adanya kerusakan mesin di pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Poasia dan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Nii Tanasa. Kita lagi upayakan perbaikan dua pembangkit ini, mudah-mudahan secapatnya dapat selesai,” ungkap Manager PLN Cabang Kendari Abdul Maulah pada wartawan di Kendari.

Seperti diketahui, tahun 2013 lalu,  seperti dilansir sejumlah media lokal, PLN mendapat tambahan daya 10 MW melalui  di PLTD Wuawua dan 8 MW di mesin PLTU Tanasa. Jumlah daya itu diharapkan akan menjadi cadangan yang cukup besar untuk ketersediaan listrik di bawa kendari cabang Kendari. Dengan demikian, ketersediaan daya listrik di PLN Cabang Kendari hingga kini seluruhnya mencapai 69 MW, sedangkan beban puncak baru mencapai 58 MW artinya bahwa masih ada surplus daya antara 8 MW hingga 10 MW. Namun, faktanya dua tahun berselang, justeru kebutuhan energi listrik semakin langka ditandai dengan seringnya dilakukan pemadaman listrik. Kondisi yang tentu saja menimbulkan tanda tanya bagi masyarakat. SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *