Connect with us

Inflasi Tertinggi Jelang Ramadhan

Bisnis

Inflasi Tertinggi Jelang Ramadhan

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Laju inflasi tertinggi di Kota Kendaridiperkirakan terjadi di bulan suci ramadhan, menyusul kenaikan sembilan bahan pokok akibat lonjakan pemintaan konsumen. Deputy Kantor Bank Indonesia, Farley Piga mengatakan, komoditasyang menjadi penyebab inflasi diantaranya dari kelompok ikan dan bumbu.

“Penyebab inflasi Juli mendatang, disebabkan kelompok bumbu-bumbuan seperti bawang, cabe dan ikan yang mengalami lonjakan permintaan yanag tinggi. Ini terjadi saat bulan suci ramadhan dan jelang Idul Fitri membuat permintaan konsumen tinggi membuat terjadi perubahan harga dan memicu inflasi,”kata Ferly Piga.

Namun, trend ini terjadi bukan hanya di Sultra tetapi di seluruh indoinesia. Tntuk itu, kata Ferly, dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk melakukan pertemuan rutin secara intensif, misalnya antara tim pemantau dan pengendali inflasi daerah untuk mengindentifikasi produksi dari komoditas yang mempengaruhi inflasi.

Sampai saat ini, sesuai informasi Bulog Divre Kendari,  komoditas dari kebutuhan pokok masih terbilang aman, seperti stok beras dan gula. (RS)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top