Indahnya Kerajinan Perak Baubau

0

BAUABAU, SUARAKENDARI.Com-Tak sulit mencari lokasi kerajinan perak Buton di Kota Baubau, Sultra. Lokasinya berada di areal benteng kesultanan terletak di Kelurahan Melai, Baubau. Nah, jika Anda mampir ke Kota ini tidak ada salahnya ada mampir melihat aneka kerajinan  tangan yang masih asli.

Cara pembuatan perak ini memang masih terbilang sederhana, dengan bantuan alat tiup yang terbuat dari besi yang kemudian dibaluri besi timah ke permukaan perak atau kuningan.

Agar hasil kerja maksimal biasanya para pekerja memberi bahan khusus pada bagian perak atau kuningan yang hendak di sepuh. Bahan khusus tersebut terbuat dari campuran kulit kerang yang dibakar khusus. Konon kulit kerang memberi daya rekat cukup kuat pada timah.

Pembuatan perak baubau boleh dikata telah belangsung turun temurun di lingkungan keluarga kesultanan buton.

Inilah yang masih dipertahankan kelurga Zamna, turunan keluarga keraton buton yang berpegang teguh pada kerajinan perak warisan kesultanan. Uniknya seluruh perajin ini masih merupakan kerabat dekat.

Berbagai ragam kerajinan perak  yang merupakan kebutuhan untuk pelengkap pakaian adat wolio buton,  misalnya gelang, anting, tali pinggang dan kalung yang seluruhnya terbuat dari perak dan besi kuningan.SM

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.