Connect with us

ICW: Parpol Manipulasi Laporan Dana Kampanye

Metro

ICW: Parpol Manipulasi Laporan Dana Kampanye

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Sejumlah partai politik di Sulawesi Tenggara diduga memanipulasi laporan dana kampanye pada pemilu 2014 mendatang. Hal itu diungkapkan Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Coruption Watch (ICW) Abdullah Dahlan,di Kendari, Senin (10/3/2014).

Abdullah mengungkapkan ada beberapa partai politik yang tidak jujur melaporkan dana kampanyenya. Ia menilai apa yang dilakukan partai poltitik sudah masuk kategori cacat administrasi.

“ Data umum yang kami ketahui, soal kejujuran laporan awal yang mereka sampaikan, dari datanya dugaan kita apa yang mereka laporkan belum mencerminkan keseluruhan yang mereka terima. Ada banyak keanehan, masak ada beberapa partai yang melaporkan nilai dana kampanye di bawah satu juta dan terjadi di beberapa parpol,” terangnya.

Menurutnya, laporan dana kampanye oleh partai politik sekedar untuk menggugurkan kewajiban saja. Untuk itu, ia meminta KPU dan Bawaslu untuk memverifikasi laporan dana kampanye tersebut ke masing-masing parpol.

“ Pentingnya pengawasan ekstra dilakukan penyelenggara dan para pihak, karena laporan dana kampanye bisa saja tidak lengkap atau mengacu pada transparansi, baik dari Caleg maupun badan hukum dan donator,” ujar Abdullah.

“ KPU Sultra harus berani memberikan sanksi administrasi kepada parpol yang menyerahkan laporan dana kampanye palsu. Masak ada parpol yang menyampaikan dana dibawah 1 juta, sementara atribut parpol dan baliho banyak bertebaran di hampir wilayah di Sultra,” terangnya.KIKI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top