HUT RI di Bombana “Kibarkan” Corak Moronene

BOMBANA-Ibu Bupati Bombana Nyonya Hj. Andi Nirwana Tafdil sukses memperkenalkan karya seni, berupa aneka busana motif khas Moronene (Suku Pribumi Bombana) kepada masyarakat umum.

Menyandang sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Bombana, Ibu bupati yang juga anggota DPRD Kabupaten Bombana Ini, sukses menggelar Fashion Show di Rumbia Ibukota Kabupaten Bombana, Sabtu malam 16/8).

Dengan mengambil peserta fashion, dari sejumlah pegawai lintas SKPD Bombana. Ketua TP PKK Bombana ini, mempersembahkan aneka karya binaannya, berupa penampilan aneka busana yang bermotif khas Moronene.

Diantaranya, Motif Buri Silinta, Motif Bosu Bosu, hingga Motif Sele sele. Semua motif milik khas Daerah Bombana ini, di desain jadi aneka Busana seperti Gaun, Busana muslim, Kebaya hingga aneka pakaian Games untuk Pria dan wanita. Gebrakan Ibu tiga anak ini, mendapat pujian dan antusias dari masyarakat Umum Bombana. Terbukti, ratusan penonton memadati fashion show yang digelar dipelataran eks MTQ Bombana ini pada sabtu malam.

“Ajang ini untuk memperkenalkan, aneka motif pakaian yang berasal dari budaya khas daerah kita. Kami ingin memberikan sebuah gambaran inspirasi, bahwa motif khas Bombana, tidak kalah saing dengan motif daerah lain di Nusantara ini,” pungkas Andi Nirwana, disela-sela pergelaran fashion.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Bombana ini menambahkan digelarnya kegiatan fashion show selain  ajang promosi, juga merupakan wahana pendidikan, hingga pelestarian budaya daerah.  “Ini salah satu ajang untuk promosi. Sengaja kami bingkai dalam sebuah ivent lomba lintas SKPD. Tapi, tujuan utamanya itu,  untuk memperkenalkan, melestarikan dan memasyarakatkan motif busana khas milik Bombana ini agar dikenal oleh masyarakat luas,” ujar Andi Nirwana. (DAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *