Connect with us

HUT ANTAM KE 46, Dirut : Kami Akui Belum Sempurna

Uncategorized

HUT ANTAM KE 46, Dirut : Kami Akui Belum Sempurna

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- Direktur Utama PT Antam (Persero) Tbk, Tato Miraza mengakui kinerja corporate dalam penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) belum sepenuhnya baik, apalagi sempurna. Karena itu ia memaklumi jika suara sumbang dari stakeholder atau pemangku kepentingan selalu saja muncul, seiring dengan keinginan Antam untuk terus membenahi kekurangan yang ada.

“Kami akui belum sempurna, sebab hakekatnya memang tidak ada yang sempurna. Dari sisi CSR kami melihat perusahaan ini tumbuh dan berkembang karena bantuan masyarakat sekeliling dan stakeholder. Itu sebabnya kami selalu memprioritaskan CSR ini,” kata Tato, usai menghadiri seremoni peringatan HUT ke-46 PT Antam Tbk di Lapangan serba guna Pateda, Pomalaa, Senin (07/07/2014).

Begitu pentingnya CSR, kata Tato, Antam sampai membentuk direktorat tersendiri, yang diberi nama Direktorat Umum dan CSR. Lanjut Tato, perusahaan tidak boleh hanya berpikir tentang keuntungan yang tangible (keuntungan nyata), dan mengabaikan besarnya peranan stakeholder sebagai “potensi laba” yang intangible. “Yang penting kami perhatikan adalah bagaimana perusahaan bisa sustain (berkelanjutan), maka masyarakat harus diberi peluang untuk ikut berperan. Sebab pada prinsipnya, kedua belah pihak saling membutuhkan,” bebernya.

Dalam hal aplikasi CSR, Tato menegaskan bahwa Antam memiliki standar, yang sedapat mungkin disepadankan dengan aturan umum penerapan community develepment, misalnya ISO 26000, dengan sasaran pembangunan manusia. “Kita bicara kualitas manusia, makanya pendidikan lebih kami prioritaskan. Setelah itu kesehatan, baru setelah itu program-program fisik. Khusus pendidikan atau pengembangan SDM, kami bahkan tidak hitung-hitungan karena kami anggap itu investasi jangka panjang,” ujarnya.

Menyinggung proporsionalitas penyaluran CSR bagi Kabupaten Kolaka dan provinsi, yang selama ini disinyalir timpang, Tato menepis anggapan itu. Tato bahkan mengaku sering berkomunikasi dengan bupati maupun gubernur Sultra.

Selain itu di usia PT.ANTAM yang 46 dirinya mengharapkan kerjasama yang selama ini terjalin tetap bisa terjaga. “Semoga kedepannya kami bisa lebih baik. Tentunya itu bisa tercapai apabila seluruh pihak bisa bekerja sama,” tegasnya.

Ditempat yang sama, wakil Bupati Kolaka, Muh Jayadin dalam sambutannya menekankan agar perushaaan yang membesarkan dirinya selama 20 tahun bisa tetap bertahan diera persaingan saat ini. “Yang intinya diharapkan antara ANTAM dan Pemda terus bisa bersinergi menjalin tali silatuurahmi. Apalagi saat ini usia ANTAM mencapai 46 tahun. Saya rasa kita semua harus mengharapkan hal tersebut. Katanya. ABDI

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top