Connect with us

Hujan Satu Jam Jembatan Penghubuung Dua Kabupaten Ambruk

Uncategorized

Hujan Satu Jam Jembatan Penghubuung Dua Kabupaten Ambruk

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- Sebuah jembatan yang ada di Kolaka, Sulawesi Tenggara tiba-tiba saja ambruk pada bagian sisi kanan. Jembatan ini terdapat di Keluarahan Mangolo yang sekaligus menjadi jembatan penghubung Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara. Diduga, sisi jembatan tidak bisa menahan arus air sungai Mangolo. Akhirnjya sejumlah warga yang tengah duduk didekat jembatan lari berhamburan.

Kata saksi mata yang bernama Iwan mengatakan kejadian itu sesaat setelah hujan reda. “Hujan tidak terlalu desar. Pak itu pun hanya sekitar satu jam. Tidak tahu juga kenapa, tiba-tiba disisi jembatan ambruk. Setelah itu terjadi retakan dibadan jembatan. Tidak lama setelah itu sebagian badan jembatan lagi ikut ambruk juga,” kata Iwan, Kamis dini hari (12/06/2014).

Dia juga menambahkan kejadian ini yang pertama kali. “Biasanya kalau hujan deras Cuma meluap saja dibadan jalan air sungai. Tapi ini langsung membuat jembatan ambruk. Kami kagetp[ak karena sempat ada terdengan suara gerusan air. Sepertinya yang hujan deras tadi itu di hulu atau gunung sana, di hilir tidak terlalu deras hujannya,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Kolaka, Ahmad Safei yang berada dilokasi jembatan ambruk mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan dari Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Kolaka bahwa jembatan tersebut masih cukup kuat untuk digunakan dalam dua tahun mendatang. “Entah kenapa langsung bisa ambruk. Padahal saat ini kita program kan untuk pasang bronjong disekitar jembatan itu. Sebab prediksi tehnisnya jembatan ini masih bisa digukana selama dua tahun,” katanya.

Namun dia akan berkordinas dengan pihak terkait agar dibuat jembatan darurat untuk memperlancar arus lalu lintas. “Sementara ini ada dua jembatan cadangan satu dibagian atas dan dijalur bawah. Tapi kendaraan yang lewat harus kita sortir. Ada beban tertentu yang bisa lewat, jadi tidak semua kendaraan. Untuk muatan yang besar nanti kita buat jembatan darurat, tergantung kondisinya besok,” tegasnya.

Pantauan dilapangan untuk kendaraan yang muatan diatas lima ton terpaksa terhenti. Hanya mobil dengan beban dibawah lima ton saja yang bisa gunakan dua jembatan lain didaerah tersebut. Selain itu dalam beberapa hari terakhir, memang Kolaka tengah diguyur hujan yang tidak menentu waktunya. ABDI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top